Headlines News :
Home » » Pengembangan Wisata Bromo Tunggu Keppres

Pengembangan Wisata Bromo Tunggu Keppres

Penulis Dimas Bromo FM
Rabu, 15/06/2016 


SUKAPURA - Pengembangan wisata di kawasan Gunung Bromo hingga saat ini masih menunggu keputusan presiden (keppres). Meski begitu, Pemkab Probolinggo telah mengajukan beberapa tempat untuk pengembangan sebagai penyangga wisata Gunung Bromo.

Beberapa titik yang diajukan tersebut di antaranya, Bukit Mentigen, Seruni Point, Penanjakan dan Puncak Sari di Kecamatan Lumbang. Dari beberapa titik yang diajukan tersebut salah satu tempat yang juga diajukan ke pemerintah pusat untuk pengembangan wisatawan Gunung Bromo yakni Bukit Selfi di kawasan Pantai Bentar Kecamatan Gending.

“Salah satunya memang kami ajukan Bukit Selfi di Pantai Bentar. Soal apakah tanahnya milik siapa dan bagaimana, nanti apa kata pusat. Yang penting daerah menyiapkan titik yang akan dikembangkan,” kata Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar)  Kabupaten Probolinggo Anung Widiarto.

Terkait pengembangan Gunung Bromo, Anung mengaku hingga saat ini masih menunggu keputusan presiden (keppres). “Tinggal Keppres-nya saja, kalau yang lain dan tahapannya sudah siap,” ujarnya.

Paling tidak, Anung memprediksi hal itu bisa segera diputuskan. Sebab beberapa waktu lalu pemerintah pusat melalui Kementerian Pariwisata Republik Indonesia sudah melakukan pengembangan di Danau Toba, Sumatra Utara. “Pengembangan Danau Toba kan sudah, mungkin setelah ini di Gunung Bromo,” ungkapnya.

Dengan pengembangan Gunung Bromo ini, nantinya pengelolaan Gunung Bromo tidak lagi dikelola Taman Nasional Bromo Tengger Semeru (TN-BTS) seperti sekarang, melainkan akan dikelola oleh badan otoritas tersendiri yang didalamnya terdiri dari empat daerah. Yakni, Kabupaten Probolinggo, Kabupaten Pasuruan, Kabupaten Malang dan Kabupaten Lumajang.

Informasinya, untuk melakukan pengembangan secara besar-besaran ini pemerintah pusat akan menggelontorkan dana triliunan rupiah. (maz/ast)
Share this post :

Post a Comment

 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template | BromoTelecenter
Copyright © 2011. Bromo FM 92,3 MHz - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger