Headlines News :
Home » » Pemkab-PCNU Kota Kraksaan Peringati Nuzulul Qur’an

Pemkab-PCNU Kota Kraksaan Peringati Nuzulul Qur’an

Penulis : Wawan Bromo FM
Sabtu, 25/06/2016


KRAKSAAN - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Probolinggo melalui Bagian Kesejahteraan Rakyat (Kesra) bekerja sama dengan PCNU Kota Kraksaan, PC Jam’iyyatul Qurro’ wal Huffadz (JQH) Kota Kraksaan, Baznas Kabupaten Probolinggo, Masjid Agung Ar-Raudlah Kota Kraksaan dan LTPQ Kabupaten Probolinggo menggelar peringatan Nuzulul Qur’an di halaman depan Masjid Agung Ar-Raudlah Kota Kraksaan, Jum’at (24/6/2016) malam.

Kegiatan ini diawali dengan Khotmil Qur’an bil Ghoib di 20 masjid se-PCNU Kota Kraksaan. Dilanjutkan dengan penyerahan paket sembako untuk 400 orang abang becak dan 90 orang masyarakat lanjut usia (lansia) miskin di Kecamatan Kraksaan. Kemudian dilanjutkan dengan buka bersama di Pendopo Kecamatan Kraksaan.

Peringatan Nuzulul Qur’an ini dihadiri oleh Bupati Probolinggo Hj. P. Tantriana Sari, SE didampingi anggota Komisi VIII DPR RI Drs. H. Hasan Aminuddin, M.Si, Kepala Kanwil Kemenag Jatim KH Mahfud Shodar, Kepala Kantor Kemenag Kabupaten Probolinggo H Busthomi dan jajaran pengurus PCNU Kota Kraksaan.

Perwakilan PCNU Kota Kraksaan KH Amin Fathullah mengatakan peringatan Nuzulul Qur’an ini dilakukan secara istiqomah sejak dulu. Hanya saja tahun ini terasa istimewa karena diisi dengan membaca Al Qur’an melalui kegiatan Khotmil Qur’an bil Ghoib dan penyerahan paket sembako.

Sementara H. Hasan Aminuddin menyampaikan bahwa kegiatan ini dilakukan Pemkab Probolinggo dengan niatan berdakwah, terlebih sudah banyak tersebar hafidz dan hafidzah.

“Saya menyampaikan terima kasih kepada segenap panitia, Pemerintah Daerah hanya memfasilitasi. Terlebih ada hal baru yang dapat diwariskan kepada para generasi muda,” katanya.

Lebih lanjut Hasan juga menyampaikan ucapan terima kasih kepada Kanwil Kemenag Jatim karena kuota Calon Jamaah Haji (CJH) Kabupaten Probolinggo bertambah dari tahun sebelumnya. Lebih-lebih tahun ini, petugas TPHD (Tim Pendamping Haji Daerah) diberikan kepada Pemerintah Daerah.

“Untuk petugas TPHD sengaja dipilih yang belum pernah melaksanakan haji. Untuk wilayah timur diberikan kepada MWCNU Krucil dan barat MWCNU Sumberasih. Setidaknya dengan penambahan kuota ini, antriannya bisa berkurang,” jelasnya.

Hasan juga meminta agar guru madrasah menyampaikan ucapan terima kasih kepada Kepala Kanwil Kemenag Jatim. Sebab atas perjuangannya, Bantuan Operasional Sekolah (BOS) madrasah diberikan dalam bentuk uang dan bukan barang.

“Awalnya BOS akan diberikan dalam bentuk barang. Tapi berkat perjuangannya, akhirnya diberikan dalam bentuk uang. Kalau dalam bentuk barang, mungkin banyak madrasah yang akan bangkrut,” tegasnya.

Dalam kesempatan tersebut Hasan juga menceritakan sebuah hikmah seorang santri yang selalu patuh terhadap perintah gurunya dalam belajar membaca Al Qur’an. “Bagi yang sudah membaca, jadikan ini sebagai pengingat aqidah kita yang selalu dihantui aqidah lain yang penuh dengan finansial,” pungkasnya.

Sementara Kepala Kanwil Kemenag Jatim KH Mahfud Shodar mengajak para guru madrasah diniyah untuk bersyukur. Sebab kalau BOS diberikan dalam bentuk barang, maka madrasah akan kelimpungan.

“Marilah bersama-sama berdoa supaya kita senantiasa selalu berada dalam wadah satu NU. Jika dalam satu wadah, maka Jawa Timur tidak akan mudah dimasuki radikalisme. Sebab jika kita sampai bercerai berai maka akan mudah diganggu,” katanya.

Menurut Shodar, peringatan Nuzulul Qur’an dilakukan untuk memperingati peristiwa diturunkannya Al Qur’an sebagai pedoman hidup manusia. “Bagaimana kita mengembalikan dan bisa dekat dengan kitab suci kita Al Qur’an. Saat ini sepertinya kita agak bergeser dari tempat ibadah dan Al Qur’an. Padahal untuk dekat dengan Allah paling tepat adalah membaca Al Qur’an,” pungkasnya. (wan/ast)
Share this post :

Post a Comment

 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template | BromoTelecenter
Copyright © 2011. Bromo FM 92,3 MHz - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger