Headlines News :
Home » » Pemilik Homestay Bakal Dikenai Pajak

Pemilik Homestay Bakal Dikenai Pajak

Penulis : Wawan Bromo FM
Selasa, 14/06/2016


SUKAPURA – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Probolinggo bakal menerapkan pemungutan pajak kepada pemilik homestay. Untuk mewujudkan hal tersebut, saat ini Dinas Pendapatan (Dispenda) sedang melakukan pendataan keberadaan homestay.

Bahkan beberapa waktu lalu, Dispenda melakukan rapat koordinasi (rakor) bersama Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar), Kantor Penanaman Modal dan Perijinan (KPMP), Ketua Forum Pelalu Eco-Wisata Kabupaten Probolinggo, Forkopimka Sukapura serta 38 kepala desa dan pengurus paguyuban homestay di 9 desa di Kecamatan Sukapura.

Kepala Dispenda Kabupaten Probolinggo Hadi Prayitno melalui Kepala Bidang Pajak Daerah Lain, Retribusi Daerah dan Lain-Lain Pendapatan Susilo Isnadi mengungkapkan rencana pemungutan pajak kepada pemilik homestay ini berasal dari pernyataan PHRI bahwasanya homestay menjadi kompetitor hotel.

“Oleh karena itu, PHRI meminta supaya kewajiban pemilik homestay dalam membayar pajak harus sama. Hanya saja kendalanya, perijinan homestay masih belum ada. Disamping juga belum adanya TDUP (Tanda Daftar Usaha Pariwisata),” katanya.

Menurut Susilo, sebenarnya prospek pendapatan homestay sangatlah bagus. Cuma pendapatannya tidak sama dengan hotel. Sebab pendapatan yang diperoleh menunggu momentum dan even-even tertentu. “Upaya yang kami lakukan diantaranya pendataan, sosialisasi dan penertiban perijinan untuk homestay,” jelasnya.

Susilo menegaskan pemungutan pajak terhadap homestay dilakukan berdasarkan kepada Peraturan Daerah (Perda) Nomor 10 tahun 2010 tentang pajak. Dimana didalamnya disebutkan bahwa pajak homestay adalah 10% dari pendapatan.

“Kami berharap pengusaha homestay untuk melakukan legalitas usahanya sehingga dapat memberikan kontribusi berupa pembayaran pajak daerah sebesar 10% dari total pendapatannya,” harapnya. (wan/ast)
Share this post :

Post a Comment

 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template | BromoTelecenter
Copyright © 2011. Bromo FM 92,3 MHz - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger