Headlines News :
Home » , » Pastikan Vaksin Pemerintah Aman dan Asli

Pastikan Vaksin Pemerintah Aman dan Asli

Penulis : Wawan Bromo FM
Rabu, 29/06/2016 


KRAKSAAN – Maraknya peredaran vaksin palsu di sebagian wilayah Indonesia membuat berbagai pihak khawatir. Pasalnya vaksin ini mayoritas diberikan kepada bayi maupun anak di bawah umur.

Menyikapi hal itu, Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Probolinggo memberikan kepastian bahwa vaksin yang beredar di fasilitas pemerintah baik puskesmas maupun rumah sakit aman dan dijamin keasliannya.

“Masyarakat tidak perlu khawatir dengan kualitas vaksin yang diberikan oleh pemerintah. Vaksin yang digunakan dijamin aman dan terjamin kualitasnya. Mulai dari posyandu, puskesmas maupun rumah sakit semua vaksin asli,” kata Kepala Bidang Pengendalian Penyakit dan Penyehatan Lingkungan (P2PL) Dinkes Kabupaten Probolinggo Ari Suciati.

Menurut Ari Suciati, tidak ada vaksin palsu di lembaga kesehatan pemerintah. Yang dipalsukan adalah vaksin yang tidak dipakai pemerintah. Keaslian seluruh jenis vaksin ini dikarenakan program pemerintah menggandeng pabrikan dalam negeri Biofarma.

“Vaksin Biofarma tidak ada yang dipalsukan. Yang ada vaksin Biofarma hanya digunakan untuk oplosan pembuatan vaksin palsu produk impor yang harganya mahal. Dalam vaksin palsu ini, produk dari Biofarma dioplos dan dicampur dengan beberapa obat lain yang tidak sesuai dengan ketentuan. Sehingga menjadi vaksin palsu dan tidak terjamin kualitasnya,” tegasnya.

Sebagai tindak lanjut dari maraknya peredaran vaksin palsu ini jelas Ari Suciati, pihaknya akan tetap waspada dengan melakukan monitoring klinik dan rumah sakit non pemerintah.

“Kami akan mendata semua vaksin yang ada sebagai bentuk dari kewaspadaan vaksin palsu. Hal ini penting untuk masyarakat tetap percaya bahwa vaksin yang dipakai untuk program imunisasi wajib oleh Pemerintah adalah vaksin asli,” jelasnya.

Ari Suciati menegaskan bahwa susah untuk mengetahui produk asli dan palsu, memang harus melalui uji laboratorium. Tapi secara kasat mata produk palsu dapat dibedakan dari bentuk kemasan yang lebih kasar, nomor batch yang tidak bisa terbaca jelas dan rubber stoper (tutup vial) ada perbedaan warna dari produk asli. “Kami jamin vaksin dari pemerintah aman dan tidak dipalsukan,” pungkasnya. (wan/ast)
Share this post :

Post a Comment

 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template | BromoTelecenter
Copyright © 2011. Bromo FM 92,3 MHz - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger