Headlines News :
Home » » Musik Patrol Bangunkan Warga Sahur

Musik Patrol Bangunkan Warga Sahur

Penulis : Wawan Bromo FM
Sabtu, 11/06/2016


KRAKSAAN - Keberadaan musik patrol memang tidak bisa dipisahkan dari bulan suci Ramadhan. Pasalnya keberadaan musik patrol yang identik dengan musik pembangun sahur ini dimainkan oleh anak-anak kecil menjelang waktu sahur. Meskipun terkadang juga ada orang dewasa yang berbaur dengan memainkan alat musik dari bahan apa adanya.

Seperti yang dilakukan oleh anak-anak yang ada di Kelurahan Semampir Kecamatan Kraksaan Kabupaten Probolinggo, Jum’at (10/6) dini hari. Dengan menggunakan bahan-bahan dari jerigen, galon bekas, potongan besi dan kentongan dari bambu, mereka kompak memainkan alat musik tersebut.

Dengan membentuk kelompok, mereka menabuh alat musiknya dengan kompak sambil berteriak sahur-sahur membangunkan warga untuk sahur. Mereka masuk ke gang-gang kecil sambil membuat alunan musik yang sangat enak untuk didengarkan.

Hendrik, salah satu pemain musik patrol mengaku jika kebiasaan ini dilakukannya rutin setiap datangnya bulan suci Ramadhan. Dimana alat-alat musik yang digunakan didapat dengan memanfaatkan beberapa barang bekas yang ada di sekitar rumahnya.

“Tujuannya hanya satu untuk membangunkan tetangga supaya tidak terlambat bangun. Sebab biasanya mereka masih harus memasak untuk menu sahur bersama keluarga,” katanya.

Menurut Hendrik, memainkan alat musik patrol ini dilakukannya secara berkelompok sambil menunggu waktu sahur. “Biasanya kami keliling mulai pukul 02.00 hingga 03.00. Setelah puas berkeliling kami pulang untuk makan sahur bersama keluarga,” jelasnya.

Hal senada juga disampaikan Firdaus. Menurutnya, musik patrol pembangun sahur ini dilakukan dengan senang hati. Sebab dengan musik patrol ini dia bisa berkumpul dengan teman-temannya yang lain.

“Senang sekali rasanya bisa membangunkan tetangga untuk makan sahur. Makanya kalau pas tidak ikut seperti tidak enak saja. Namanya juga kebersamaan dengan teman-teman. Modalnya hanya ikhlas beribadah di bulan Ramadhan,” ujarnya. (wan/ast)
Share this post :

Post a Comment

 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template | BromoTelecenter
Copyright © 2011. Bromo FM 92,3 MHz - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger