Headlines News :
Home » » Keturunan Program IB Lebih Bagus

Keturunan Program IB Lebih Bagus

Penulis : Wawan Bromo FM
Jum'at, 10/06/2016


DRINGU – Program Inseminasi Buatan (IB) pada ternak memiliki banyak keuntungan. Salah satunya, hasil keturunan lebih bagus daripada dari kawin alami. Di samping itu, IB bisa mengurangi penularan penyakit kelamin. Hal tersebut disampaikan Kepala UPTD Inseminasi Buatan (IB) Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan Kabupaten Probolinggo Mahmud.

“Melalui program IB, peternak bisa lebih hemat karena tidak perlu memelihara pejantan. Sebab satu kali pejantan ejakulasi bisa dipakai untuk 1 hingga 250 ekor betina,” ujarnya. Melalui program IB, masyarakat bisa memilih pejantan sesuai dengan keinginan. Keuntungan lainnya adalah meningkatkan mutu genetik ternak.

Menurut Mahmud, tidak semua sapi potong bisa diikutkan dalam program IB. Pasalnya ada beberapa hal yang harus diketahui. Kawin pertama kali paling muda berumur 1,5 tahun. Sebab pada waktu tersebut, organ reproduksinya sudah matang. “Bobot minimal 300 kilogram dan sapi harus dalam keadaan sehat,” ujarnya.

Mahmud menambahkan, setelah mengikuti kawin program IB akan diketahui bunting dan tidak bunting. Jika sampai 3 bulan tidak berahi lagi, maka sapi dianggap bunting dan diberikan vitamin agar hasilnya bagus.

“Jika tidak bunting, maka akan diperiksa lagi apakah tidak bunting karena tidak jadi atau karena ada gangguan reproduksi. Kalau tidak jadi ada suntikan hormon yang disebut sinkronisasi berahi agar sapi betina menjadi bunting dan memunculkan berahi secara bersamaan,” ujarnya.

Sedangkan yang tidak bunting karena gangguan reproduksi, kata Mahmud, akan ditangani  petugas asisten reproduksi dan dokter hewan. “Kalau berahi lagi akan dilakukan penyuntikan lagi. Kalau tidak maka akan dimajer dan disarankan diafkir (dipotong),” pungkasnya. (wan/ast)
Share this post :

Post a Comment

 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template | BromoTelecenter
Copyright © 2011. Bromo FM 92,3 MHz - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger