Headlines News :
Home » » Kelebihan Tonase Picu Kerusakan Jalan

Kelebihan Tonase Picu Kerusakan Jalan

Penulis : Wawan Bromo FM
Selasa, 21/06/2016 


KRAKSAAN – Kendaraan yang muatannya melebihi batas maksimal (over tonase) menjadi salah satu penyebab rusaknya ruas jalan, karena jalan harus menahan beban di atas kemampuannya. Seharusnya masyarakat memiliki kesadaran terhadap berat muatan kendaraannya sehingga kondisi jalan tidak cepat rusak.

Kepala Bidang Pengendalian Operasional Dinas Pekerjaan Umum (PU) Dinas Marga Kabupaten Probolinggo Ruli Nasrullah mengatakan, jalan kabupaten di Kabupaten Probolinggo masuk dalam kelas IIIA dengan tonase muatan kendaraan maksimal 8 ton. Hal tersebut diatur dalam Peraturan Pemerintah (PP) Nomor 34 Tahun 2006 Tentang Jalan. “Jalan kabupaten ini disebut dengan jalan lokal primer,” katanya.

Berbeda dengan jalan kabupaten jelas Ruli, jalan desa tidak ada kelasnya dan masuk dalam kategori jalan non status. Namun demikian, tonase muatan kendaraan dibatasi maksimal 5 ton. “Jika masyarakat mematuhi tonase muatan kendaraannya, tentu jalan tidak akan mudah rusak,” jelasnya.

Menurut Ruli, ada beberapa jenis peningkatan struktur jalan yang dilakukan oleh Dinas PU Bina Marga Kabupaten Probolinggo. Yakni, jalan telford (makadam), jalan lapen (lapis penetrasi makadam), jalan hotmix dan jalan rigid beton. “Urutannya seperti ini, jadi awal di-telford dulu,” terangnya.

Ruli menambahkan, cara menghitung volume kebutuhan untuk peningkatan struktur jalan kabupaten adalah dengan menggunakan LHR (Lalu Lintas Harian Rata-rata). “Supaya struktur jalannya lebih bagus. Kalau jalan desa volumenya tidak seberapa,” tegasnya.

Untuk peningkatan struktur jalan hotmix, kata Ruli, jalan baru bisa dilewati setelah 4 jam pasca pengerasan. Tetapi nyatanya, aspalnya masih basah langsung dilewati kendaraan. “Hal ini biasanya menyebabkan jalan cepat rusak dan bergelombang. Karena di dalam bahannya belum menyatu secara maksimal,” pungkasnya. (wan/ast)
Share this post :

Post a Comment

 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template | BromoTelecenter
Copyright © 2011. Bromo FM 92,3 MHz - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger