Headlines News :
Home » » Kaum Aboge Mulai Puasa Rabu

Kaum Aboge Mulai Puasa Rabu

Penulis : Dimaz Bromo FM
Senin, 6/06/2016

LECES - Kaum aboge di Kabupaten Probolinggo baru memulai puasa Ramadhan Rabu (8/6/2016). Penetapan itu didasarkan pada kalender Jawa yang mereka gunakan secara turun-temurun. Dengan demikian, mereka baru memulai shalat Tarawih pada Selasa (7/6/2016) malam.

Mariye (64), tokoh kaum aboge asal Desa/Kecamatan Leces Kabupaten Probolinggo mengatakan, tahun ini merupakan tahun Jim (nama abjad/huruf hijaiyah). Dalam almanak aboge, tahun baru Islam tahun ini jatuh pada hari Jum’at Pon.

Rumusnya, disingkat dalam istilah “Ja'at Pon” yang berarti, tahun baru Islam pada tahun Jim, jatuh pada hari Jum’at Pon. Tahun baru Islam ini menjadi patokan untuk menentukan hari-hari penting lainnya, termasuk penentuan awal Ramadhan.

Untuk menentukan awal Ramadhan, berlaku rumus yang disingkat dalam istilah “Donemro”. Artinya, awal Ramadhan terjadi setiap hitungan hari keenam (dari tahun baru Islam) dengan hitungan pasaran kedua (loro/istilah Jawa yang berarti dua).

Karena tahun baru Islam jatuh pada Jum’at Pon, maka awal Ramadhan jatuh pada hari Rabu Wage. “Kami mulai puasa Rabu. Selasa malam sudah Tarawih,” kata Mariye saat ditemui di rumahnya.

Kaum aboge sendiri tidak hanya ada di Desa/Kecamatan Leces. Juga ada di Desa Pondok Wuluh Kecamatan Leces, Desa Kramat Agung dan Desa Karanganyar Kecamatan Bantaran serta Desa Sumbersuko Kecamatan Dringu. (maz/ast)
Share this post :

Post a Comment

 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template | BromoTelecenter
Copyright © 2011. Bromo FM 92,3 MHz - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger