Headlines News :
Home » , » Jadi Jujugan Daerah Lain untuk Belajar

Jadi Jujugan Daerah Lain untuk Belajar

Penulis : Wawan Bromo FM
Minggu, 5/06/2016


KRAKSAAN – Keberhasilan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Probolinggo dalam memaksimalkan keberadaan Pusat Pengendalian Operasi-Penanggulangan Bencana (Pusdalops-PB) mengundang daerah lain datang belajar. Bahkan tidak jarang petugas BPBD dijadikan sebagai narasumber pendidikan dan pelatihan (diklat) yang diadakan daerah lain.

Beberapa daerah yang melakukan studi banding di Pusdalops PB BPBD Kabupaten Probolinggo di antaranya, BPBD Kabupaten Lamongan dan BPBD Kabupaten Jember. Selain itu juga ada kunjungan bimbingan teknis (bimtek) Tim Reaksi Cepat (TRC) BPBD Kota Probolinggo, kunjungan observasi lapangan BKD Kabupaten Situbondo serta mahasiswa KKDN Universitas Pertahanan Jakarta.

“Semoga kunjungan ini akan menambah semangat kita untuk lebih mempersiapkan diri dengan sebaik-baiknya dalam menghadapi terjadinya bencana di Kabupaten Probolinggo. Mereka datang tentunya karena Pusdalops PB kita dianggap punya nilai lebih,” kata Kepala Pelaksana BPBD Kabupaten Probolinggo Dwijoko Nurjayadi.

Menurut Dwijoko, pembangunan Pusdalops PB ini dilakukan sejak tahun 2014 lalu. Dan baru tahun 2016 sudah mulai dilihat oleh daerah-daerah lain. “Mudah-mudahan Pusdalops PB ini bisa bermanfaat bagi Kabupaten Probolinggo maupun daerah lain. Sebab tidak semua BPBD mempunyai Pusdalops PB,” jelasnya.

Mantan Camat Bantaran ini menjelaskan, Pusdalops PB ini berfungsi sebagai pengumpul informasi kebencanaan di Kabupaten Probolinggo dan mendistribusikan informasi bencana tersebut kepada pimpinan daerah dan masyarakat.

“Melalui Pusdalops PB ini diharapkan agar pemerintah daerah lebih siap menghadapi bencana. Sebab menurut Undang-undang Nomor 24 tahun 2007 tentang Penanggulangan Bencana, yang bertanggung jawab terhadap penanggulangan bencana adalah pemerintah daerah,” pungkasnya. (wan/ast)
Share this post :

Post a Comment

 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template | BromoTelecenter
Copyright © 2011. Bromo FM 92,3 MHz - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger