Headlines News :
Home » » Ekosistem Membaik Undang Kehadiran Satwa Laut

Ekosistem Membaik Undang Kehadiran Satwa Laut

Penulis : Dimaz Bromo FM
Senin, 20/06/2016

GENDING - Perairan Kabupaten Probolinggo rupanya tidak hanya sekali didatangi satwa laut berukuran jumbo. Berdasarkan informasi yang dihimpun, setidaknya peristiwa terdamparnya puluhan paus pilot sirip pendek sepekan lalu merupakan kali kelima.

Kepala Dinas Perikanan dan Kelautan (Diskanla) Kabupaten Probolinggo Dedy Isfandi mengatakan, mulanya perairan Kabupaten Probolinggo mengalami kerusakan ekosistem sekitar 1996 silam. Ketika itu, masyarakat setempat mengekploitasi kekayaan laut dengan mengabaikan kearifan lokal. Saat itu pencarian ikan menggunakan bom ikan sangat populer.

“Akibat dari penggunaan bom ikan ini, terumbu karang dan rumah-rumah ikan hancur. Plankton dan biota laut ukuran kecil habis. Intinya, ekosistem tidak stabil,” kata, Senin (20/6/2016).

Berdasarkan keadaan itu, pada 1997 Pemkab Probolinggo membuat regulasi baru, pelarangan menggunakan bom ikan. Pada 1998, ekosistem kembali dibenahi termasuk, dengan membuat fish apartemen di beberapa titik yang mengalami kerusakan parah.

“Perlahan, keadaan berangsur membaik. Ditandai keberadaan terumbu karang dan biota laut ukuran kecil lainnya,” jelasnya.

Hal ini diperkirakan mengundang kehadiran hewan laut raksasa. Seperti hiu tutul, paus orcha atau hiu paus (whale shark) dan hiu pilot sirip pendek pekan lalu.

Berdasarkan catatan Diskanla, pada 2002 hiu tutul kandas diperairan Kecamatan Kraksaan. Disusul pada 2006 paus orcha dan 2010 hiu tutul kembali kandas.

Pada 2015 hiu paus dan 2016 paus pilot juga kandas di pantai. Secara jumlah, terdamparnya paus pilot sirip pendek ini yang terbanyak. Sebab mereka bergerak dalam koloni besar, sekitar 60 hingga 90 ekor per koloni. (maz/ast)
Share this post :

Post a Comment

 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template | BromoTelecenter
Copyright © 2011. Bromo FM 92,3 MHz - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger