Headlines News :
Home » » Diterjang Rob, 56 Hektar Tambak Rusak

Diterjang Rob, 56 Hektar Tambak Rusak

Penulis : Dimaz Bromo Fm
Kamis, 09/06/2016


KRAKSAAN - Dinas Perikanan dan Kelautan (Diskanla) Kabupaten Probolinggo menyebutkan bahwa sekitar 56,8 hektar tambak warga rusak diterjang banjir rob sejak Sabtu (4/6/2016).

Tambak rusak itu tersebar di lima desa meliputi Desa Randutatah Kecamatan Paiton di ujung timur; Desa Kalibuntu Kecamatan Kraksaan; Desa Pajurangan Kecamatan Gending; Desa Pesisir Kecamatan Sumberasih serta Desa Tongas Wetan Kecamatan Tongas.

Di Desa Randutatah, tambak rusak seluas 3,8 hektar. Di Desa Kalibuntu seluas 10,5 hektar, Desa Pajurangan seluas 10,5 hektar, di Desa Pesisir seluas 28 hektar dan di Desa Tongas Wetan seluas 4 hektar.

Kepala Diskanla Kabupaten Probolinggo, Dedy Isfandi mengatakan, kerusakan tambak akibat banjir rob tergolong ringan. Yakni hanya tanggul di sekeliling tambak dan bisa diperbaiki secara swadaya oleh pemilik.

Perihal kerugian ikan ternak di tambak, hingga saat ini belum ada laporan dari petani ke Diskanla. Pihak Diskanla juga telah melaporkan data kerusakan tambak ke Bupati Probolinggo, Pemprov Jatim hingga ke Pemerintah Pusat.

Dedy menambahkan, dari 56,8 hektar tambak di 5 desa yang terdampak banjir rob, hanya tambak di Desa Pajurangan Kecamatan Gending yang memanen ikan lebih dini. Sedangkan tambak di 4 desa lain belum memulai masa ternak.

"Tambak sengaja dipanen lebih dini karena petani telah mengetahui bakal ada banjir rob. Dengan antisipasi itu, kerugian akibat bencana bisa diminimalisir,” tegasnya. (maz/ast)
Share this post :

Post a Comment

 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template | BromoTelecenter
Copyright © 2011. Bromo FM 92,3 MHz - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger