Headlines News :
Home » , » Cepat Ditemukan, Kusta Bisa Diobati

Cepat Ditemukan, Kusta Bisa Diobati

Penulis : Wawan Bromo FM
Senin, 6/06/2016

KRAKSAAN – Penyakit kusta (lepra) merupakan penyakit menular dan menahun yang disebabkan kuman kusta. Penyakit kusta menyerang kulit, saraf tepi dan dapat pula menyerang jaringan tubuh lainnya, kecuali otak. Kusta bukan penyakit keturunan dan bukan pula disebabkan  kutukan guna-guna, dosa atau makanan.

“Jika ditemukan sedini mungkin, kusta bisa diobati, bisa sembuh dan tidak sampai mengalami kecacatan. Temukanlah bercak dimulai dari keluarga. Bila ditemukan bercak, segera bawa ke Puskesmas untuk diperiksa. Kalau ada kusta langsung diobati,” kata Kepala Bidang Pengendalian Penyakit dan Penyehatan Lingkungan Dinas Kesehatan Kabupaten Probolinggo Ari Suciati.

Menurut Ari, stigma (cap buruk) masyarakat terhadap penyakit kusta masih sangat tinggi, sehingga terjadi ketakutan yang berlebihan. Data temuan kusta selama tahun 2015 mencapai 202 penderita. Sementara dari Januari hingga Mei 2016 sudah ditemukan 69 penderita.

“Kita berupaya mencari penderita kusta sebanyak mungkin untuk diberikan pengobatan sampai sembuh. Masyarakat harus membantu untuk menemukan bercak di anggota keluarganya sendiri,” jelasnya.

Ari menambahkan, selama ini rata-rata penderita kusta yang ditemukan sudah cacat dan parah. “Penyakit ini disebabkan oleh serangan bakteri Mycobacterium Leprae. Di mana masa inkubasinya mencapai 5 tahun. Kusta bisa menular melalui kontak langsung maupun droflet (pernafasan) dengan penderita,” terangnya.

Ari menambahkan, penyakit kusta terjadi karena sanitasi lingkungan dan kondisi lingkungan yang buruk serta buruknya Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS). “Rata-rata yang terkena kusta adalah masyarakat yang hidup di daerah kumuh, tidak sehat, sanitasi kurang serta ruangan tertutup. Kusta bisa dicegah dengan menciptakan lingkungan dan sanitasi yang bersih serta menerapkan PHBS,” tegasnya.

Untuk menanganit kusta, kata Ari, pihaknya memberikan pengobatan sampai sembuh secara gratis. Penderita yang sudah cacat diberikan bantuan. “Biasanya penderita kusta kita bawa ke rumah sakit di Sumberglagah, Kabupaten Mojokerto,” pungkasnya. (wan/ast)
Share this post :

Post a Comment

 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template | BromoTelecenter
Copyright © 2011. Bromo FM 92,3 MHz - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger