Headlines News :
Home » » Belum Semua CJH Urus Paspor-Visa

Belum Semua CJH Urus Paspor-Visa

Penulis : Dimaz Bromo FM
Kamis, 2/06/2016
 
 
GENDING - Proses pembuatan paspor dan visa calon jamaah haji CJH) di Kabupaten Probolinggo tidak begitu mudah. Pasalnya, banyak ditemukan identitas nama CJH yang bermasalah. Meski sudah diberitahu letak kesalahan, tetapi sebagian CJH tak kunjung mengurusnya.

“Masih ada sebagian CJH dan keluarganya yang belum sadar, kadang karena memang SDM mereka yang masih kurang,” kata Kasi Haji dan Umroh Kantor Kementerian Agama Kabupaten Probolinggo Mukhlason, Kamis (2/6/2016).

Menurutnya, hal semacam ini memang bisa dibilang sepele. Hanya saja jika ini tidak dilaksanakan dengan cepat khawatir berdampak pada persiapan pelaksanaan ibadah haji tahun ini.

“Ini mengurusnya ke Malang, karena kantor Imigrasi-nya di sana. Harapan kami, hal seperti ini keluarga maupun pihak terkait bisa kerjasama demi kelancaran para calon jamaah,” ujarnya.

Kabupaten Probolinggo sendiri mendapatkan kuota jamaah haji tahun ini sekitar 880 orang. Dari jumlah tersebut, masih ada 50 orang yang belum mengurus administrasi pengurusan paspor dan visa haji. “Kendalanya, ada yang beda nama, ada juga beda tanggal lahir, mudah-mudahan segera selesai diurus,” terangnya.

Selain proses pembuatan paspor dan visa haji, saat ini CJH sedang diberi batasan waktu untuk pelunasan biaya perjalanan ibadah haji (BPIH). “Kami beri batasan hingga awal pekan Juni mendatang,” katanya.

Jika CJH belum bisa melunasi, bisa jadi akan diberangkatkan tahun depan. “Dampaknya juga bisa jadi pada perubahan kuota yang ada saat ini, tetapi biasanya akan diisi oleh calon jamaah dengan nomor antrean di bawahnya,” katanya.

Sebanyak 880 CJH asal Kabupaten Probolinggo tersebut akan berangkat pada pertengahan Agustus mendatang. “Rencananya seperti itu, Kabupaten Probolinggo termasuk pada gelombang terakhir, kalau kloternya paling tidak kloter 50 ke atas, karena masuk rombongan terakhir setelah Malang,” pungkasnya. (maz/ast)
Share this post :

Post a Comment

 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template | BromoTelecenter
Copyright © 2011. Bromo FM 92,3 MHz - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger