Headlines News :
Home » » Belasan Warga Pingsan Berdesakan Antri Zakat

Belasan Warga Pingsan Berdesakan Antri Zakat

Penulis : Dimaz Bromo FM
Rabu, 22/06/2016


SUMBERASIH - Belasan warga di Desa Banjarsari Kecamatan Sumberasih Kabupaten Probolinggo pingsan saat antri zakat, Rabu (22/06/2016) siang. Warga terutama manula pingsan, karena tidak mampu menahan panas sehingga menyulitkan petugas.

Mereka adalah sebagian dari ribuan warga yang saling berdesak-desakan saat antre santunan yang diigelar pemilik sebuah pabrik air mineral. Insiden ini tentu saja membuat petugas kewalahan, apalagi panitia pelaksana tidak banyak menyediakan tenaga medis.

Sejumlah warga dan panitia bahkan harus menggotong korban ke balai desa yang jaraknya puluhan meter dari lokasi. Menurut warga, santunan itu sedianya dilaksanakan pagi hari tapi sampai siang belum juga diberikan. Sehingga banyak warga yang pingsan tidak kuat menahan panas.

Sekitar 3.000 warga itu sejak Rabu pagi, sudah antre di depan pintu gerbang pabrik air mineral di jalan raya pantura Surabaya-Probolinggo. Mereka hendak menerima santunan yang diberikan pemilik serta direksi pabrik air mineral tersebut.

Namun sayangnya, hingga siang hari santunan yang dijanjikan itu tidak kunjung diberikan. Akibatnya sejumlah warga terutama yang berusia lanjut tidak mampu menahan panas dan pingsan.

“Saya sudah antri sejak pukul delapan pagi, namun sampai jam satu belum juga dapat,”  ujar salah satu penerima kupon zakat Romlah.

Penyelenggara mengaku sistem pemberian santunan belum sempurna hingga menyebabkan sejumlah warga pingsan. Mereka berjanji akan memperbaikinya untuk pelaksanaan tahun depan, karena santunan ini memang sudah menjadi tradisi tahunan.

“Baru kali ini ada warga yang pingsan, sebelum-sebelumnya belum pernah ada. Nanti kami evaluasi penyelenggaraannya pada tahun depan,” ujar Dimas Huang, dermawan pemberi zakat.

Dalam santunan kali ini, sebanyak 3.000 warga dari 7 desa sekitar pabrik mendapat santunan sebesar 50 ribu per orang. Warga bersyukur karena uang sebesar itu amat berharga, apalagi di tengah kenaikan harga sejumlah kebutuhan pokok saat ini.

Meski tidak membuat kemacetan, lokasi pemberian zakat yang berada di pinggir jalan pantura Surabaya-Probolinggo membuat arus lalu lintas tersendat. (maz/ast)
Share this post :

Post a Comment

 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template | BromoTelecenter
Copyright © 2011. Bromo FM 92,3 MHz - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger