Headlines News :
Home » » Tari Glipang Warnai Peringatan Hardiknas

Tari Glipang Warnai Peringatan Hardiknas

Penulis : Wawan Bromo FM
Senin, 02/05/2016


SUMBERASIH - Peringatan Hari Pendidikan Nasional (Hardiknas) tahun 2016 yang digelar oleh Cabang Dinas Pendidikan (Dispendik) Sumberasih bekerja sama dengan PC PGRI Kecamatan Sumberasih di halaman SMKN 1 Sumberasih, Senin (2/5/2016) pagi lebih menarik dan berbeda dari biasanya.

Sebelum upacara dilaksanakan, peringatan Hardiknas tersebut diwarnai dengan penampilan Tari Glipang massal yang dibawakan 60 siswa dari SDN Muneng Leres 1, SDN Lemahkembar dan SMPN 1 Sumberasih. Selain itu juga ditampilkan Tari Remo dan penampilan Perkusi oleh guru TK serta polisi cilik dari SDN Pesisir 1 dan SDN Banjarsari 1.

Bertindak sebagai inspektur upacara Camat Sumberasih Ugas Irwanto. Sementara petugas upacara adalah siswa SMKN 1 Sumberasih. Upacara ini diikuti oleh sekitar 500 orang peserta mulai siswa dan pendidik se-Kecamatan Sumberasih.

Ketua PC PGRI Kecamatan Sumberasih Mujiman mengatakan Tari Glipang massal ini ditampilkan dengan tujuan untuk melestarikan dan mempertahankan budaya lokal asli Indonesia dari desakan budaya barat.

“Lewat penampilan Tari Glipang yang digelar bersamaan dengan peringatan Hardiknas ini setidaknya nanti mampu memberi tauladan dan motivasi kepada lembaga lain dan generasi muda untuk bersama-sama melestarikan budaya lokal asli Kabupaten Probolinggo,” katanya.

Sementara Kepala Cabang Dispendik Sumberasih Sugeng Romadon mengungkapkan, kegiatan menari massal memperingati Hardiknas ini dilakukan sebagai upaya untuk melestarikan budaya. “Pada momentum Hardiknas ini diharapkan seni budaya tradisional bisa terus dikembangkan di masing-masing sekolah,” ujarnya.

Penampilan Tari Glipang massal ini disambut positif oleh Camat Sumberasih Ugas Irwanto. Menurutnya, tarian tradisional menyimpan filosofi dan mencerminkan karakter bangsa. Oleh karena itulah, jika tarian tradisional terus dilestarikan dengan cara dikembangkan di sekolah, maka para siswa secara tidak langsung telah mempelajari filosofinya dan membentuk jatidiri yang sesuai dengan karakter bangsa.

“Tari Glipang massal ini mencerminkan sebuah kebersamaan. Dengan kebersamaan semua pihak, ke depan dunia pendidikan di Kecamatan Sumberasih bisa lebih baik lagi dan prestasinya lebih meningkat dibandingkan sebelumnya,” ungkapnya. (wan/ast)
Share this post :

Post a Comment

 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template | BromoTelecenter
Copyright © 2011. Bromo FM 92,3 MHz - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger