Headlines News :
Home » » Targetkan Kelahiran 60.000 Sapi

Targetkan Kelahiran 60.000 Sapi

Penulis : Wawan Bromo FM
Minggu, 15 Mei 2016



DRINGU – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Probolinggo menargetkan program Inseminasi Buatan (IB) sapi potong tahun 2016 untuk akseptor sebanyak 60.000 ekor dan kelahiran sebanyak 60.000 ekor.

Kepala Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan Kabupaten Probolinggo Endang Sri Wahyuni mengatakan, program IB merupakan salah satu penerapan teknologi tepat guna yang merupakan pilihan utama untuk peningkatan populasi dan mutu genetik ternak.

“Melalui kegiatan IB, penyebaran bibit unggul ternak sapi dapat dilakukan dengan murah, mudah, dan cepat serta diharapkan dapat meningkatkan pendapatan para peternak. Sebab teknologi IB digunakan untuk tujuan peningkatan produksi dan produktivitas,” katanya.

Menurut Endang, untuk mencapai target tersebut, pihaknya sudah menyiapkan 5 orang petugas tambahan. Sehingga total petugas inseminator di Kabupaten Probolinggo sebanyak 46 orang.

“Nantinya petugas ini akan melaksanakan sosialisasi ke lapangan. Kebetulan kami memiliki seperangkat alat pameran berupa LCD, sound system dan tendanya. Sehingga diharapkan sosialisasi yang diberikan kepada masyarakat bisa lebih efektif,” jelasnya.

Hal lain yang dilakukan, kata Endang, dengan pembinaan SDM petugas inseminator setiap 3 bulan sekali serta pembinaan terhadap kelompok ternak. “Kami selalu berupaya memperbaiki produksi ternak melalui pemeriksaan kebuntingan,” terangnya.

Endang menerangkan, dari 24 kecamatan dibagi dalam 6 korwil (koordinator wilayah) yang masing-masing membawahi 4 kecamatan. “Petugas kami rutin turun ke lapangan untuk meningkatkan kemampuan masyarakat melalui penyuluhan,” pungkasnya. (wan/ast)
Share this post :

Post a Comment

 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template | BromoTelecenter
Copyright © 2011. Bromo FM 92,3 MHz - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger