Headlines News :
Home » » Senam Massal Tandai Peringatan HUT Lansia

Senam Massal Tandai Peringatan HUT Lansia

Penulis : Wawan Bromo FM
Jum'at, 27 Mei 2016 


KRAKSAAN – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Probolinggo melalui Dinas Kesehatan (Dinkes) bekerja sama dengan Dinas Sosial (Dinsos) memperingati Hari Ulang Tahun Lansia (Halun) tahun 2016. Peringatan Halun dengan tema “Menuju Lansia Pro Sehati (Lansia Produktif, Sehat dan Istimewa)” ini ditandai dengan senam massal di Alun-alun Kota Kraksaan, Jum’at (27/5/2016) pagi.

Kegiatan yang dihadiri oleh sejumlah Kepala Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) di lingkungan Pemkab Probolinggo ini diikuti oleh 600 orang lansia dengan instruktur senam dari Provinsi Jawa Timur.

Kepala Bidang Kesehatan Keluarga dan Gizi Dinkes Kabupaten Probolinggo dr Asjroel Sjakrie mengatakan peringatan Halun 2016 ini merupakan salah satu upaya untuk membentuk lansia yang sehat dan gembira menatap masa depan. “Mudah-mudahan dengan kegiatan ini nantinya bisa menjadi lansia yang produktif,” katanya.

Sementara dr. Shodiq Tjahjono mengungkapkan usia lanjut adalah suatu proses alami yang tidak dihindarkan. Umur manusia sebagai makhluk hidup terbatas oleh suatu peraturan alam, maksimal sekitar 6 (enam) kali masa bayi dan dewasa atau 6x20 tahun sama dengan 120 tahun.

“Proses menjadi tua disebabkan oleh faktor biologi yang terdiri dari 3 fase. Yakni fase progresif, fase stabil dan fase fegresif. Dalam fase regresif mekanisme lebih terarah kemunduran yang dimulai dari sel, komponen terkecil dari tubuh manusia,” katanya.

Menurut Shodiq, dengan semakin tingginya umur harapan hidup 65,75 tahun, dimana diperkirakan pada tahun 2020 jumlah lansia lebih tinggi dari pada jumlah balita, yakni 11,4% dari jumlah penduduk.

“Perlu adanya peningkatan pelayanan secara terpadu dari berbagai sektor agar Usila tetap sehat, produktif dan istimewa supaya mereka tetap berperan dalam keluarga, dalam pembangunan nasional sesuai dengan fungsi, kearifan dan pengalamannya,” jelasnya.

Shodiq menambahkan selama ini Pemkab Probolinggo sudah memberikan pelayanan kesehatan kepada para lansia baik di rumah sakit maupun puskesmas. “Upaya pemberdayaan lansia sudah dilakukan secara maksimal. Sudah terbentuk posyandu lansia dan komda lansia kecamatan. Ke depan akan dibentuk karang werda di desa,” pungkasnya. (wan)
Share this post :

Post a Comment

 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template | BromoTelecenter
Copyright © 2011. Bromo FM 92,3 MHz - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger