Headlines News :
Home » » Sambut Nisyfu Sya’ban, Ansor Probolinggo Baca Dzikir dan Sholawat

Sambut Nisyfu Sya’ban, Ansor Probolinggo Baca Dzikir dan Sholawat

Penulis : Wawan Bromo FM
Senin, 23 Mei 2016


BANTARAN - Dalam rangka menyambut nisfu Sya’ban tahun 1437 H, Pimpinan Cabang Gerakan Pemuda Ansor Kabupaten Probolinggo memerintahkan kepada segenap jajaran pengurus hingga tingkat terbawah untuk membaca dzikir dan sholawat.

Minggu (22/5/2016) sore kegiatan dzikir dan sholawat bersama ini dilakukan di kediaman sahabat Salim Ridwan di Desa Tempuran Kecamatan Bantaran Kabupaten Probolinggo. Dalam kesempatan tersebut semua tim Majelis Dzikir dan Sholawat (MDS) Rijalul Ansor dari berbagai kecamatan berkumpul dan melantunkan berbagai jenis Sholawat Nabi mulai dari Diba’ Syimtut Dhuror, Albarzanji dan sholawat lainnya secara bergantian dengan diiringi rebana MDS-RA.

Ketua PC GP Ansor Kabupaten Probolinggo Muchlis mengungkapkan Nisyfu Sya'ban merupakan pertengahan bulan Sya’ban, termasuk bulan kedelapan dari kalender Islam dan peringatan setiap tanggal 15 Sya’ban oleh semua umat muslim di dunia.

“Malam ini dikenal juga dengan Laylatul Bara’ah (malam pengampunan dan pembebasan dosa) oleh sebagian orang yang meyakininya. Namun yang jelas malam tersebut merupakan malam yang mulia bagi kalangan umat Islam dunia,” katanya.

Menurut Muchlis, untuk tahun ini Nisyfu Sya’ban jatuh pada hari Ahad 22 Mei 2016 M atau 15 Sya’ban 1437 H. “Dimana pada malam tersebut buku catatan manusia ditutup. Dan Rasulullah SAW sering melakukan puasa pada bulan ini, karena di bulan ini amal perbuatan diangkat kehadirat Allah SWT. Beliau menginginkan di saat amal perbuatannya diangkat beliau dalam keadaan berpuasa,” jelasnya.

Merujuk pada Sabda Rasulullah SAW tersebut, Muchlis memerintahkan kepada semua Sahabat Ansor baik Pimpinan Cabang (PC) maupun Pimpinan Anak Cabang (PAC) bersama Pengurus Majelis Dzikir dan Sholawat (MDS) Rijalul Ansor se-Kabupaten Probolinggo agar mengisi waktu istimewa tersebut dengan kegiatan yang bermanfaat serta bernuansa Islami.

“Alhamdulillah, beberapa kegiatan berhasil dilakukan oleh pemuda Ansor mulai dari istighotsah bersama di daerah Kecamatan Bantaran. Berlanjut membaca Surat Yasin 3 kali dengan niat agar diberi umur panjang dan taufik untuk taat kepada Allah, memohon dijaga dari bala’ dan bencana serta untuk keluasan rizki dan berniat agar diberi kekayaan hati dan mati dalam khusnul khotimah,” jelasnya.

Selanjutnya berdzikir dan beristighosah bersama memohon kepada Allah agar supaya Nahdlatul Ulama senantiasa eksis di bumi pertiwi ini hingga akhir masa. “Kaitannya dengan berbagai problema yang akhir-akhir ini banyak terjadi di negeri ini semoga juga cepat mereda dan Allah karuniakan kepada kita negeri yang aman dan damai sejahtera. Serta baldatun thayyibatun wa robbun ghofur,” harapnya. (wan/ast)
Share this post :

Post a Comment

 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template | BromoTelecenter
Copyright © 2011. Bromo FM 92,3 MHz - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger