Headlines News :
Home » , » Peningkatan Jalan Kabupaten Capai 48.813 Km

Peningkatan Jalan Kabupaten Capai 48.813 Km

Penulis : Wawan Bromo FM
Senin, 30/05/2016

KRAKSAAN – Dinas Pekerjaan Umum (PU) Bina Marga Kabupaten Probolinggo menyatakan, sepanjang  2015 telah melakukan peningkatan jalan kabupaten sepanjang 48.813 Km. Di tahun yang sama juga dilakukan pemeliharaan jalan kabupaten sepanjang 5.362 Km.

Hal tersebut ditegaskan Kepala Dinas PU Bina Marga Kabupaten Probolinggo Rachmad Waluyo. “Kalau untuk pembangunan jalan kabupaten sepanjang tahun 2015 mencapai 1.560 kilometer,” katanya.

Menurut Rachmad, prioritas peningkatan struktur jalan 80% dikhususkan untuk jalan kabupaten, terutama jalan-jalan yang mempunyai akses pariwisata dan jalan yang rusak parah. Peningkatan struktur jalan ini dilakukan secara maksimal agar ke depan bisa lebih awet dan mutunya lebih bagus.

“Targetnya pada akhir tahun 2018 mendatang, bisa mewujudkan jalan mantap Kabupaten Probolinggo lebih dari 80% dalam kondisi baik dan sedang. Untuk saat ini capaian jalan mantap kabupaten baru mencapai 76%,” jelasnya.

Di samping jalan kabupaten, jelas Rachmad, Dinas PU Bina Marga Kabupaten Probolinggo selama tahun 2015 lalu juga sudah melakukan peningkatan struktur jalan desa sepanjang 30.008 Km dan pembangunan jalan desa sepanjang 4.187 Km.

“Jalan desa yang menjadi poros antar desa dan antar kecamatan masih menjadi kewenangan kami. Sementara jalan desa buntu dan tidak tembus sudah menjadi kewenangan desa. Hal itu sudah diatur dalam Perbup Nomor 47 tahun 2014 tentang Dana Alokasi Desa,” ungkapnya.

Rachmad menambahkan bahwa Dinas PU Bina Marga Kabupaten Probolinggo juga melakukan pemeliharaan jalan rusak dengan melakukan tambal sulam. Ada beberapa jenis tambal sulam yang dilakukan meliputi labur aspal dua lapis (burda), labur aspal satu lapis (burtu) dan lapis tipis aspal pasir (latasir). “Tetapi jika kerusakannya mencapai 60% maka wajib untuk dilakukan perbaikan total,” pungkasnya. (wan/ast)
Share this post :

Post a Comment

 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template | BromoTelecenter
Copyright © 2011. Bromo FM 92,3 MHz - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger