Headlines News :
Home » » Penduduk Pulau Gili Jalani Imunisasi Massal

Penduduk Pulau Gili Jalani Imunisasi Massal

Penulis : Dimas Bromo FM
Selasa, 31/05/2016


KRAKSAAN - Imunisasi massal terhadap seluruh warga Desa Gili Ketapang Kecamatan Sumberasih Kabupaten Probolinggo akan dilakukan Rabu (1/6/2016) oleh Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Probolinggo. Imunisasi akan dilakukan sampai Jumat (3/6/2016), mulai pukul 07.00 sampai 16.00 WIB.

“Vaksinasi kami lakukan tiga hari. Kalau sehari, tenaganya tidak cukup,” kata Kepala Bidang Pengendalian Penyakit dan Penyegaran Lingkungan (P2PL) Dinkes Kabupaten Probolinggo, Ari Suciati, Selasa (31/5/2016).

Imunisasi dilakukan sebagai respon atas meninggalnya seorang bocah di pulau tersebut akibat difteri, 1 Mei lalu. Pulau dengan jumlah 9 ribuan penduduk itu berjarak tempuh selama 45 menit dari Pelabuhan Kota Probolinggo.

Menurut Ari, difteri merupakan penyakit yang disebabkan bakteri Corynebacterium Diphtheriae dan Corynebacterium Ulcerans. Jika terlambat penanganan, difteri bisa mengakibatkan kematian.

“Difteri sendiri, dapat diketahui dari gejala terbentuknya membran abu-abu yang menutupi tenggorokan dan amandel, demam dan menggigil, sakit tenggorokan dan suara serak, sulit bernapas atau napas yang cepat,” jelasnya.

Kemudian pembengkakan kelenjar limfa pada leher, lemas dan lelah, hidung beringus. Difteri juga bisa menyerang kulit berupa munculnya bisul. Difteri dapat menular lewat kontak dengan penderita. (maz/ast)
Share this post :

Post a Comment

 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template | BromoTelecenter
Copyright © 2011. Bromo FM 92,3 MHz - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger