Headlines News :
Home » , » Pemkab Raih Penghargaan Inovasi Pelayanan Publik

Pemkab Raih Penghargaan Inovasi Pelayanan Publik

Penulis : Wawan Bromo FM
Kamis, 26/05/2016

JAKARTA – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Probolinggo masuk dalam 35 daerah top inovasi pelayanan publik terbaik se-Indonesia dari Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (KemenPAN-RB) Republik Indonesia.

Penghargaan atas prestasi itu diterima oleh Wakil Bupati (Wabup) Probolinggo Drs. HA. Timbul Prihanjoko di Hotel Bidakara, Jakarta, Kamis (26/5/2016) siang. Turut mendampingi dalam kesempatan tersebut Kabag Organisasi M. Heru Santoso.

Selain Kabupaten Probolinggo, di Jawa Timur juga ada Kabupaten Banyuwangi, Pemekasan, Bojonegoro dan Tulungagung yang mendapat penghargaan serupa. “Sekitar dua bulan lalu, saya pemaparan di Kementerian PAN-RB bersama 99 daerah lain,” katanya. 

Berdasarkan hasil presentasi, Kabupaten Probolinggo terpilih menjadi 35 daerah terbaik. Saat itu, Wabup mempresentasikan pelayanan cepat berupa inovasi Jempol Mancep Layanan Cepat di Puskesmas Sumberasih lewat fingerprint. Setiap pasien yang datang, memasukkan data pribadi dan keluhannya yang masuk dalam data elektronik puskesmas.

Dengan demikian, dokter yang memeriksa cukup melihat data tersebut dan memberikan resep obat. Resep obat ini juga masuk data elektronik dan terkoneksi ke apotek puskesmas. “Semua dilayani tanpa kertas. Pasien tidak perlu membawa kertas ke sana kemari,” terang Wabup.

Saat ini layanan seperti itu masih diterapkan di Puskesmas Sumberasih saja. Tapi nanti, lanjut Wabup, layanan serupa akan dikembangkan ke puskesmas lain se-Kabupaten Probolinggo secara bertahap. (wan/ast)

Share this post :

Post a Comment

 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template | BromoTelecenter
Copyright © 2011. Bromo FM 92,3 MHz - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger