Headlines News :
Home » » Pemkab Deteksi Dini Kecacatan

Pemkab Deteksi Dini Kecacatan

Penulis : Wawan Bromo FM
Rabu, 04/05/2016


BANYUANYAR – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Probolinggo melalui Dinas Sosial (Dinsos), Rabu (4/5/2016) melakukan deteksi dini kecacatan di Balai Desa Klenang Lor Kecamatan Banyuanyar.

Kegiatan rehabilitasi sosial, penyandang cacat, eks kusta dan eks napi ini diikuti oleh 150 orang penyandang disabilitas dari Kecamatan Banyuanyar dan Maron. Dalam kesempatan tersebut mereka diperiksa oleh tim medis dari RSUD Waluyo Jati Kraksaan serta tim dari UPT Bangil dan UPT Malang.

Kasi Rehabilitasi Penyandang Cacat, Anak dan Remaja Dinsos Kabupaten Probolinggo Bahari mengungkapkan deteksi dini kecacatan ini dilakukan sebagai bentuk kepedulian Pemerintah Daerah kepada para penyandang disabilitas. Dari hasil deteksi dini ini nantinya yang bisa direhabilitasi akan direhabilitasi.

“Jika masih usia sekolah maka akan dimasukkan ke SLB atau sekolah inklusif. Kalau masih usia produktif, maka nantinya akan direhabilitasi untuk diberikan bekal ketrampilan. Namun jika sudah tidak produktif lagi, maka akan diusulkan untuk mendapatkan bantuan sosial,” katanya.

Menurut Bahari, jika nantinya penyandang disabilitas ini memerlukan tindakan medis nantinya akan diusulkan melalui program Koordinator Kegiatan Kesejahteraan Sosial (K3S) Kabupaten Probolinggo. “Kegiatan ini dilakukan supaya penyandang disabilitas yang ada di Kabupaten Probolinggo bisa mandiri serta tidak selalu tergantung kepada orang lain,” jelasnya.

Sementara Kepala Bidang Rehabilitasi Sosial  Dinsos Kabupaten Probolinggo Siti Khoiriyah mengatakan kegiatan ini dilakukan dengan tujuan pendataan para penyandang cacat sekaligus untuk bahan perencanaan tahun 2017 dalam rangka pemberdayaan penyandang disabilitas.

“Serta penjaringan penyandang disabilitas produktif untuk diberi bekal ketrampilan di UPT Bangil dan Malang minimal 6 bulan. Sebab tujuannya adalah untuk memberikan motivasi kepada para penyandang disabilitas agar bisa mandiri,” katanya. (wan/ast)    
Share this post :

Post a Comment

 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template | BromoTelecenter
Copyright © 2011. Bromo FM 92,3 MHz - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger