Headlines News :
Home » » Mulai Sosialisasikan Kartu Identitas Anak

Mulai Sosialisasikan Kartu Identitas Anak

Penulis : Wawan Bromo FM
Rabu, 25/05/2016


DRINGU – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Probolinggo melalui Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Dispenduk Capil) mulai memberikan sosialisasi terkait Kartu Identitas Anak (KIA) kepada masyarakat. Sosialisasi ini diberikan kepada 660 orang dari 330 desa/kelurahan di Kabupaten Probolinggo.

Kepala Dispenduk Capil Kabupaten Probolinggo Erlin Setiawati mengungkapkan bahwa penerbitan KIA merupakan perwujudan kehadiran negara dalam peningkatan kualitas publik. 

“Disamping akan menjadi tanda pengenal atau bukti diri yang sah bagi anak, KIA juga akan menjadikan anak dapat melakukan pelayanan publik secara mandiri dan memenuhi kebutuhan dirinya dengan mudah, cepat dan murah, salah satunya kegiatan pendidikan,” katanya.

Sementara Kepala Bidang Pendaftaran Penduduk Dispenduk Capil Kabupaten Probolinggo Indah Setyowati mengatakan KIA ini bertujuan untuk meningkatkan pendataan, perlindungan dan pelayanan publik serta sebagai upaya memberikan perlindungan dan pemenuhan hak konstitusional warga negara.

“Manfaat KIA ini sangat banyak sekali. Diantaranya sebagai tanda pengenal atau bukti diri yang sah, persyaratan pendaftaran sekolah, melakukan transaksi keuangan, pelayanan kesehatan, pembuatan dokumen keimigrasian, mengurus klaim santunan kematian, mencegah terjadinya perdagangan anak serta berbagai keperluan lain,” ujarnya.

Menurut Indah, batasan usia terakhir terhadap kepemilikan KIA ini adalah 17 tahun kurang 1 hari. Karena usia 17 tahun sudah harus memiliki KTP. Pemberlakukan KIA ini diatur dengan usia 0 hingga 5 tahun tanpa foto. Setelah berumur 5 sampai 17 tahun kurang 1 haru diterbitkan lagi dengan menampilkan foto pemilik KIA.

“Dalam penerbitan KIA ini sekaligus diterbitkan akta kelahiran anak yang bersangkiutan dan KK orang tuanya. Pasalnya penerbitan KIA dilakukan setelah penerbitan NIK sebagai dasar penerbitan akta kelahiran dan KK,” terangnya.

Indah menambahkan bahwa sosialisasi KIA ini menyangkut kelengkapan dokumen kependudukan yang mungkin sampai saat ini belum terpenuhi dan manfaat dari dokumen kependudukan itu sendiri. (wan/ast)
Share this post :

Post a Comment

 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template | BromoTelecenter
Copyright © 2011. Bromo FM 92,3 MHz - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger