Headlines News :
Home » » Maksimalkan Potensi Pendapatan

Maksimalkan Potensi Pendapatan

Penulis : Wawan Bromo FM
Sabtu, 14 Mei 2016


KRAKSAAN – Peningkatan target PAD pada tahun 2016 mengharuskan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Probolinggo bekerja keras meningkatkan potensi pendapatan dari sektor pajak daerah, retribusi daerah dan lain-lain pendapatan asli daerah yang sah. Dengan demikian perolehan PAD bisa memberikan kontribusi setidaknya 10% bagi APBD Kabupaten Probolinggo.

Untuk tahun 2015 lalu, perolehan PAD mencapai Rp 207.619.679.502 atau baru memberikan kontribusi sebesar 8,9% bagi APBD Kabupaten Probolinggo yang mencapai Rp 1.821.638.580.208. Hal tersebut disampaikan Kepala Bidang Pajak Daerah Lain, Retribusi Daerah dan Lain-lain Pendapatan Dinas Pendapatan (Dispenda) Kabupaten Probolinggo Susilo Isnadi.

Menurut Susilo, ada beberapa hal yang mendukung perolehan PAD di Kabupaten Probolinggo. Salah satunya karena perubahan regulasi yang memungkinkan terjadinya kenaikan pendapatan. Di mana muaranya nanti di tarif pajak daerah dan retribusi daerah. Serta, lebih mengoptimalkan pemanfaatan potensi PAD.

Mantan Kasi UKM Dinas Koperasi dan UKM Kabupaten Probolinggo ini menjelaskan, perolehan PAD bisa dimaksimalkan karena upaya intensifikasi dan ekstensifikasi. Intensifikasi dilakukan dengan meningkatkan optimalisasi potensi pajak daerah dan retribusi daerah.

Sementara ekstensifikasi dilakukan dengan mengembangkan potensi pendapatan yang lain. Salah satunya dengan pemutakhiran data pajak untuk melakukan penjaringan wajib pajak daerah dan retribusi daerah yang baru. “Selain itu, kami juga mengefektifkan dan mengefesiensikan pemungutan pajak daerah dan retribusi daerah,” pungkasnya. (wan/ast)
Share this post :

Post a Comment

 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template | BromoTelecenter
Copyright © 2011. Bromo FM 92,3 MHz - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger