Headlines News :
Home » , » Kwarcab Pramuka Gelar Diklatsar BP 13.13

Kwarcab Pramuka Gelar Diklatsar BP 13.13

Penulis : Wawan Bromo FM
Kamis, 26/05/2016

GENDING – Kwartir Cabang (Kwarcab) Gerakan Pramuka Probolinggo menggelar pendidikan dan pelatihan dasar (Diklatsar) Brigade Penolong (BP) 13.13 angkatan ke-III di area obyek wisata Pantai Bentar Desa Curahsawo Kecamatan Gending, Kamis hingga Sabtu (26-28/5/2016). 

Diklatsar BP 13.13 ini diikuti oleh 51 peserta putra dan 20 peserta putri dari perwakilan Sa
ka dan kwartir ranting/gugus depan pangkalan pramuka penegak/pandega serta petugas pengelola obyek wisata di Kabupaten Probolinggo.

Kegiatan yang dibuka oleh Wakil Ketua Kwarcab Gerakan Pramuka Probolinggo Bidang Bina Muda Kak Hasin ini dihadiri oleh anggota Majelis Pembimbing Cabang (Mabicab), BP 13 Jawa Timur, BP 13.13 Probolinggo serta instruktur dari Basarnas Jawa Timur dan BPBD Kabupaten Probolinggo.

Ketua panitia Kak Aris Setiawan mengungkapkan kegiatan ini dimaksudkan sebagai wadah pembinaan pramuka dan petugas pengelola obyek wisata dalam upaya meningkatkan pengetahuan, kemampuan dan ketrampilan dalam memberikan pertolongan dan penanganan pada kasus-kasus kecelakaan, musibah bencana alam dan tugas-tugas kemanusiaan lainnya.

“Dimana tujuannya meningkatkan rasa tanggung jawab terhadap diri sendiri, masyarakat, bangsa dan negara serta alam dan lingkungan. Selain itu meningkatkan rasa kepedulian terhadap lingkungan masyarakat sekitarnya melalui kegiatan kemanusiaan,” ujarnya.

Sementara Wakil Ketua Kwarcab Gerakan Pramuka Probolinggo Kak Hasin kegiatan ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan anggota di bidang pertolongan, menghimpun potensi, meningkatkan kebanggaan serta memberikan kesempatan kepada pemuda/remaja.

“Sasaran dari kegiatan ini adalah terbentuknya brigade penolong yang mampu menjalin komunikasi dan koordinasi antara Brigade Penolong se-Jawa Timur, membina potensi SAR serta meningkatkan peran pramuka dalam penanggulangan bencana,” katanya.

Sedangkan Ketua BP 13.13 Probolinggo Kak Didik Slamet Wahyudi mengharapkan supaya para lulusan diklat ini nantinya dapat menunjang kegiatan-kegiatan sosial di daerahnya masing-masing. “Mereka diharapkan mampu memberikan bantuan dan mengambil inisiatif pertolongan jika terjadi musibah atau kecelakaan di lingkungannya masing-masing,” harapnya.

Selama kegiatan, para peserta diklat akan dipandu oleh narasumber yang berasal dari BP 13 Gerakan Pramuka Kwarda Jawa Timur, Basarnas Kantor SAR Surabaya, Kodim 0820 Probolinggo, BPBD Kabupaten Probolinggo serta BP 13.13 Gerakan Pramuka Kwarcab Probolinggo. (wan/ast)

Share this post :

Post a Comment

 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template | BromoTelecenter
Copyright © 2011. Bromo FM 92,3 MHz - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger