Headlines News :
Home » » Kuras ATM, Petani Dibui

Kuras ATM, Petani Dibui

Penulis : Dimaz Bromo FM
Rabu, 11/05/2016

PAJARAKAN - Niat jahat timbul karena ada kesempatan. Begitu pula yang merasuki otak Koko Joko Priadi (34), petani asal Desa/Kecamatan Krucil Kabupaten Probolinggo. Usai menemukan sebuah dompet, Joko bukannya mengembalikan pada pemilik. Melainkan menguras uang tunai dan uang dalam rekening pemilik dompet.

Mengetahui saldo dalam rekeningnya menguap,  Erni Kartika Sari (41) pun melapor polisi. Kepada petugas Erni mengakui jika ia teledor. Meninggalkan tas beserta dompetnya di lapangan usai adanya rapat pertemuan guru di Desa/Kecamatan Krucil. Saat itu, dia lupa menaruh tasnya usai kegiatan rapat guru yang diikutinya. Setelah sadar tasnya tertinggal, Erni berusaha kembali ke lokasi dan mendapati tasnya sudah tidak ada.

Rupanya, tas dan dompet tersebut ditemukan oleh pelaku Joko. Dari situlah pula, niatan jahat dalam benaknya muncul. Isi dompet pun di bredeli, uang tunai senilai Rp 80 ribu disikat. Empat buah kartu anjungan tunai mandiri (ATM) tak luput dari perhatiannya. Dari keempat kartu tersebut, yang berhasil dibobol hanya ATM BRI saja. “Ada tulisan di kertas kecil, isinya menyebut pin kartu ATM tersebut,” kata Joko, dihadapan penyidik, Satreskrim Polres Probolinggo.

Joko kemudian mendatangi Unit ATM BRI di Desa Bremi. Ternyata pin tersebut cocok dan dapat digunakan. Uang pun diambilnya dari rekening milik Erni. Mulanya hanya Rp 500 ribu, kemudian keterusan hingga jumlahnya mencapai Rp 4.850.000.

Berdasakan laporan dari Erni dan rekaman closed circuit television (CCTV) di unit ATM tempat Joko mengambil uang, polisi kemudian berusaha melacak pelaku. Tak lama berselang, Joko diringkus petugas tanpa perlawanan. Bapak dua anak inipun mengakui semua perbuatannya. “Uangnya belum sempat saya belikan apa-apa,” kata Joko.

Perbuatan pelaku dijerat Pasal 363 KUHP tentang pencurian. Dengan ancaman hukuman penjara selama 7 tahun. Sementara uang yang telah diambilnya dari mesin ATM senilai Rp 4.850.000 serta sebuah sepeda motor bebek milik Joko diamankan. Sebagai barang bukti tindak pencurian ini.

Kasatreskrim Polres Probolinggo AKP Mobri Cardo Panjaitan mengatakan, tersangka yang berprofesi sebagai petani bukanlah spesialis pembobol mesin ATM. Hanya saja, tersangka sedang beruntung karena kebetulan didalam dompet yang ditemukannya terdapat kartu ATM disertai dengan pin pemiliknya. “Sehingga tersangka dapat dengan leluasa menguras isinya,” katanya.

Atas kejadian ini, Kasatreskrim turut menghimbau kepada masyarakat, agar selalu waspada. Minimal tidak teledor dan meninggalkan barang berharga sembarangan. (maz/ast)
Share this post :

Post a Comment

 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template | BromoTelecenter
Copyright © 2011. Bromo FM 92,3 MHz - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger