Headlines News :
Home » » Kali Ketiga, Pemkab Raih Opini WTP

Kali Ketiga, Pemkab Raih Opini WTP

Penulis : Wawan Bromo FM
Selasa, 31/05/2016

SIDOARJO - Upaya Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Probolinggo mempertahankan sistem pengelolaan keuangan daerah akhirnya membuahkan hasil. Selasa (31/5/2016), untuk ketiga kalinya Pemkab meraih opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) atas laporan keuangan pemerintah daerah Kabupaten Probolinggo tahun anggaran 2015.

Opini tersebut didasarkan pada Laporan Hasil Pemeriksaan (LHP) Badan Pemeriksaan Keuangan (BPK) Perwakilan Jawa Timur. Dengan opini ini, berarti Pemkab Probolinggo berhasil meraih opini WTP selama tiga tahun berturut-turut sejak tahun 2013 silam. Tahun ini merupakan pemeriksaan keuangan pertama dengan menggunakan metode akrual.

Hasil audit penilaian BPK untuk tahun anggaran 2015 tersebut diserahkan Kepala BPK RI Perwakilan Jawa Timur Novian Herodwijanto kepada Bupati Probolinggo Hj P. Tantriana Sari SE di auditorium Kantor BPK RI Jalan Juanda Sidoarjo.

Turut serta dalam penerimaan opini WTP itu, Wakil Ketua DPRD Kabupaten Probolinggo Musayyib Nahrawi, Inspektur Soeparwiyono, Kepala Dinas Pengelolaan Keuangan Daerah (DPKD) Tanto Walono, Kepala Dinas Koperasi dan UKM Santiyono dan Kabag Kominfo Yulius Christian.

Di Jawa Timur ada 24 daerah yang menerima opini atas laporan keuangan pemerintah daerah tahun anggaran 2015 dari BPK RI Perwakilan Jawa Timur. Yakni, 20 daerah menerima opini WTP dan 4 daerah menerima opini WDP (Wajar Dengan Pengecualian).

Bupati Probolinggo Hj. P. Tantriana Sari, SE mengatakan, penghargaan meraih WTP merupakan kesuksesan bersama. Ini sebuah hasil dari upaya kerja keras dari semua pihak di pemerintahan Kabupaten Probolinggo.

“Alhamdulillah, ucapan syukur atas kemudahan yang Allah berikan sehingga mampu mempertahankan WTP untuk yang ketiga kalinya. Ini bukti dari komitmen bersama antara Bupati, DPRD dan semua perangkat daerah,” katanya.

Menurut Bupati Tantri, opini WTP ini menjadi penting karena visi misi Bupati ingin mewujudkan pemerintahan yang bersih, transparan dan akuntabel. “Hasil dari WTP ini paling utama adalah pengakuan audit keuangan pemerintah pusat terhadap Kabupaten Probolinggo. Serta kinerja semua pihak di ruang lingkup Kabupaten Probolinggo,” tegasnya.

Sementara Kepala DPKD Kabupaten Probolinggo Tanto Walono mengungkapkan mempertahankan predikat WTP ini berarti Pemkab Probolinggo telah mengelola keuangan daerah secara akuntabel.

“Dengan diraihnya kembali opini WTP ini, kami mengharapkan untuk dipertahankan. Dengan kedisiplinan, motivasi semua pihak WTP ini bisa dipertahankan. Tim yang sudah terbentuk dan membawa opini WTP akan dipertahankan,” katanya. (wan/ast)
Share this post :

Post a Comment

 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template | BromoTelecenter
Copyright © 2011. Bromo FM 92,3 MHz - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger