Headlines News :
Home » » Capaian Imunisasi Dasar Lengkap Capai 17.523 Balita

Capaian Imunisasi Dasar Lengkap Capai 17.523 Balita

Penulis : Wawan Bromo FM
Minggu, 29/05/2016


KRAKSAAN – Capaian imunisasi dasar lengkap di Kabupaten Probolinggo tahun 2015 lalu mencapai 99,64% atau 17.523 balita dari total data sasaran sebanyak 17.586 balita. Meskipun demikian, masih ada masyarakat yang menolak diimunisasi sehingga tidak terlindung dari penyakit yang dapat dicegah dengan imunisasi.

“Imunisasi ini bertujuan untuk menurunkan kesakitan dan kematian akibat penyakit-penyakit yang dapat dicegah dengan imunisasi (PD3I),” kata Kepala Bidang Pengendalian Penyakit dan Penyehatan Lingkungan Dinas Kesehatan Kabupaten Probolinggo Ari Suciati.

Ari mengharapkan, tahun ini ada peningkatan target imunisasi dasar lengkap. Soalnya imunisasi sangat penting bagi bayi sebagai perlindungan dari penyakit. Seperti Hepatitis B, TBC, Difteri, Tetanus, Polio dan Campak.

“Salah satu reaksi imunisasi terutama DPT BCG dan Campak adalah demam atau panas, tetapi sudah disiapkan obat penurun panas. Tetapi masyarakat yang tidak paham biasanya takut dan tidak mau diimunisasi lagi,” katanya.

Menurut Ari, imunisasi dasar lengkap pada bayi diberikan kepada bayi umur kurang dari 1 tahun. Seperti Hepatitis B (HB) umur 0-7 hari, BCG dan Polio 1 umur 1 bulan, DPT/HB/Hib 1 dan Polio 2 umur 2 bulan, DPT/HB/Hib 2 dan Polio 3 umur 3 bulan, DPT/HB/Hib 3 dan Polio 4 umur 4 bulan dan campak umur 9 bulan.

“Jika setelah diimunisasi panas jangan panik. Sebab itu adalah reaksi untuk memunculkan imun anak untuk membentuk kekebalan tubuh. Jadi proses panas memang sangat dibutuhkan. Tetapi tidak semua imunisasi reaksinya panas,” tegasnya.

Ari mengharapkan, warga dengan kesadaran tinggi mau datang ke Posyandu untuk mendapatkan pelayanan imunisasi sesuai dengan jadwal secara gratis. (wan/ast)
Share this post :

Post a Comment

 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template | BromoTelecenter
Copyright © 2011. Bromo FM 92,3 MHz - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger