Headlines News :
Home » » BPIH 2016 Senilai 2.585 Dollar AS

BPIH 2016 Senilai 2.585 Dollar AS

Penulis : Dimaz Bromo FM
Senin, 30/05/2016


KRAKSAAN - Penetapan Biaya Penyelenggaraan Ibadah Haji (BPIH) tahun 1437 H/2016 M, yang telah ditandatangani Presiden Jokowi melalui Keppres 21/2016 disambut baik oleh Kantor Kementrian Agama (Kemenag) Kabupaten Probolinggo.

Kasi Haji dan Umroh Kemenag Kabupaten Probolinggo Mukhlason mengaku, jika Keppres tersebut mengatur BPIH Tahun 2016. Meliputi biaya penerbangan haji, biaya pemondokan di Makkah dan biaya hidup. “Beberapa perbedaan dari tahun sebelumnya, BPIH yang lalu menggunakan Dollar, sedangkan tahun ini menggunakan Rupiah,” ungkapnya.

Bahkan, pada Sabtu (30/4) lalu, Kemenag Republik Indonesia dengan Komisi VIII DPR RI telah menyepakati BPIH 1437 H/2016 M dengan  rata-rata sebesar Rp 34.641.304 atau senilai USD 2.585 dengan kurs Rp13.400.

“Artinya, jika dibandingkan biaya haji tahun sebelumnya yang USD 2.717, BPIH tahun ini turun sebesar USD 132,” jelasnya.

Selanjutnya, Mukhlason menyebutkan tahapan pelunasan BPIH Reguler yang waktunya akan segera diumumkan oleh Direktorat Jenderal Penyelenggaraan Haji dan Umrah (PHU). Pembayaran BPIH ini dilakukan dengan mata uang Rupiah sesuai dengan yang sudah ditetapkan.

BPIH disetorkan kepada rekening Kementerian Agama melalui Bank Penerima Setoran (BPS) BPIH. Ditjen PHU sudah merilis daftar nama nomimasi jamaah haji reguler yang berhak melunasi BPIH Reguler 1437H/2016M. “Untuk mengetahuinya, silakan lihat Daftar Nominasi Jamaah Haji Reguler yang Berhak melunasi BPIH 1437H/2016M, tapi kuotanya yang jelas yakni 818 jamaah untuk Kabupaten Probolinggo,” ujarnya.

Terkait dengan adanya pemberlakuan kurs rupiah yang telah ditetapkan oleh Keppres tersebut, Mukhlason mengungkapkan jika hal tersebut sudah seharusnya dilakukan sejak beberapa tahun yang lalu oleh pemerintah. Mengingat selama ini tender angkutan udara haji menggunakan kurs dolar AS.

Sistem ini berpotensi menimbulkan kerugian ketika dalam waktu tertentu nilai dolar AS menguat dibandingkan rupiah. “Tetapi ketika nilai tender sudah diputuskan dalam kurs rupiah, berapa pun nilai dolar AS tidak akan mempengaruhinya,” katanya.

Ia mencontohkan, seperti orang yang membeli tiket penerbangan internasional menggunakan uang rupiah tiga bulan sebelum keberangkatan. Dengan penggunaan uang rupiah, ia tidak khawatir lagi potensi kenaikan biaya penerbangan terkait fluktuasi nilai tukar dolar AS terhadap rupiah. “Dengan adanya keputusan ini berarti BPIH tidak lagi ikut pasar modal dan fluktuasi dolar terhadap rupiah,” terangnya.

Dengan adanya peraturan terbaru tersebut, Mukhlason berharap agar ke depan pelayanan terhadap jamaah haji tidak mengalami penurunan pelayanan baik ketika proses pemberangkatan dan juga selama ada di tanah suci.

“Semuanya sudah dihitung, dan semoga kedepannya pelayanan kepada jamaah haji makin baik dan juga memberikan kekhusyukkan kepada para jamaah dalam menjalankan rukun Islam kelima tersebut,” pungkasnya. (maz/ast)
Share this post :

Post a Comment

 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template | BromoTelecenter
Copyright © 2011. Bromo FM 92,3 MHz - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger