Headlines News :
Home » » Baznas Sosialisasikan UU Pengelolaan Zakat

Baznas Sosialisasikan UU Pengelolaan Zakat

Penulis : Wawan Bromo FM
Kamis, 19/05/2016


BESUK – Sebagai upaya memaksimalkan pengumpulan dana Zakat, Infaq dan Shodakoh (ZIS), Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) Kabupaten Probolinggo melakukan sosialisasi pengelolaan zakat di 9 (Sembilan) kecamatan di Kabupaten Probolinggo.

Kamis (19/5/2016), sosialisasi pengelolaan zakat ini dilakukan di Pendopo Kecamatan Besuk. Sosialisasi ini diikuti oleh 100 peserta terdiri dari SKPD, ormas, takmir masjid, pondok pesantren dan kepala desa se-Kecamatan Besuk.

Dalam sosialisasi, para peserta diberikan materi tentang Undang-undang Nomor 23 Tahun 2011 tentang Pengelolaan Zakat, Penghitung Zakat serta Zakat Ditinjau Dari Segi Syar’i.

Ketua Baznas Kabupaten Probolinggo Ahmad Muzammil mengatakan, sosialisasi ini dilakukan dalam rangka mengantisipasi kriminalisasi amil, terutama menghadapi bulan suci Ramadhan.

“Kegiatan ini berujuan untuk meningkatkan perolehan zakat, terutama tingkat kecamatan. Sebab selama ini kesannya hanya menggugurkan kewajiban. Mereka membayar tetapi tidak tahu mana sodakoh dan mana zakat,” katanya.

Menurut Muzammil, sesuai UU 23/2011, yang mengelola zakat secara nasional adalah Baznas. Selain itu tidak boleh, tetapi dibantu oleh Lembaga Amil Zakat (LAZ). Hanya saja LAZ ini harus mengajukan perijinan kepada pejabat yang berwenang dan persyaratannya banyak.

“Sesuai UU pengelolaan zakat, barang siapa yang memungut bertindak selaku amil tetapi tidak memiliki ijin maka dikenai sanksi hukuman penjara selama 1 tahun dan denda Rp 50 juta,” jelasnya.

Muzammil menjelaskan, sosialisasi ini dilakukan untuk mencari payung hukum kepada para amil yang berada di Kabupaten Probolinggo. Solusinya adalah dengan membentuk Unit Pengumpul Zakat (UPZ) dengan Surat Keputusan (SK) dari Baznas Kabupaten Probolinggo.

“Melalui sosialisasi ini saya mengharapkan sesuai lingkup aturan Baznas bisa membantu kepada para calon UPZ yang ada di kecamatan supaya paham terhadap peraturan perundang-undangan. Selain itu masyarakat sadar akan kewajibannya berzakat,” pungkasnya. (wan/ast)
Share this post :

Post a Comment

 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template | BromoTelecenter
Copyright © 2011. Bromo FM 92,3 MHz - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger