Headlines News :
Home » , » Angkat Potensi Sekolah, Latih Guru Membatik

Angkat Potensi Sekolah, Latih Guru Membatik

Penulis : Wawan Bromo FM
Selasa, 03/05/2016


SUKAPURA – Dalam rangka mendukung wisata Gunung Bromo, Cabang Dinas Pendidikan (Dispendik) Kecamatan Sukapura memberikan pelatihan batik bagi guru dan tenaga kependidikan. Mereka berasal dari 31 lembaga di Kecamatan Sukapura. Terdiri dari 21 lembaga SD, 8 lembaga SMP, 1 lembaga SMA dan 1 lembaga SMK.

Ada 3 (tiga) motif batik yang diajarkan dalam pelatihan batik ini. Dimana 2 motif dikerjakan pada waktu pelatihan dengan 5 kali pertemuan dan 1 motif dikerjakan di lembaganya masing-masing. Untuk satu motif batik dikerjakan oleh 2 orang per lembaga.

Sekretaris panitia Hadi Trilaksono mengatakan pelatihan batik ini diberikan untuk membudayakan batik bagi anak didik Tengger. Dengan demikian anak-anak akan bisa membatik.

“Harapannya, nantinya guru dan tenaga kependidikan yang dilatih ini bisa menularkan kepada anak didik di lembaganya masing-masing. Sehingga budaya membatik bisa terjadi di Kecamatan Sukapura,” katanya.

Sementara Kepala Cabang Dispendik Kecamatan Sukapura Suheryanto mengungkapkan pelatihan batik ini difokuskan dengan mengangkat potensi masing-masing sekolah. Sehingga nantinya tiap-tiap lembaga memiliki motif batik khas sendiri-sendiri.

“Dengan pelatihan ini tiap lembaga memiliki batik khas sesuai potensi masing-masing sekolah. Khusus untuk Kecamatan Sukapura, kita masih mencari motif batik yang sesuai,” ungkapnya.

Ke depan Cabang Dispendik Sukapura berupaya untuk membantu pemasaran hasil karya batik guru dan tenaga kependidikan ini di area wisata Gunung Bromo. “Paling tidak nantinya ada stand khusus sehingga karya guru dan tenaga kependidikan bisa dipajang disana,” pungkasnya. (wan/ast)
Share this post :

Post a Comment

 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template | BromoTelecenter
Copyright © 2011. Bromo FM 92,3 MHz - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger