Headlines News :
Home » » Wabup Canangkan Kampung KB

Wabup Canangkan Kampung KB

Penulis : Wawan Bromo FM
Selasa, 26/04/2016


KRUCIL - Wakil Bupati (Wabup) Probolinggo Drs. HA. Timbul Prihanjoko, Selasa (26/4/2016) mencanangkan Kampung KB di Dusun Krajan Desa Krucil Kecamatan Krucil. Pencanangan yang digelar Badan Pemberdayaan Perempuan dan Keluarga Berencana (BPPKB) Kabupaten Probolinggo ini ditandai dengan pemukulan gong.

Hadir dalam kegiatan tersebut Kepala Perwakilan BKKBN Provinsi Jawa Timur Dwi Listyawardani, Ketua TP PKK Kabupaten Probolinggo Hj. Nunung Timbul Prihanjoko, Kepala BPPKB Kabupaten Probolinggo dr. Endang Astuti, SKPD terkait, Camat dan Koordinator PKB se-Kabupaten Probolinggo.

Kepala Desa Krucil Hasan Sukarwi mengatakan Pasangan Usia Subur (PUS) di Desa Krucil sebanyak 505 dengan peserta aktif sebesar 67,92% (343 PUS) dan angka perkawinan kurang dari usia 20 tahun sudah cukup bagus sekitar 10%. “Program KB sudah berjalan dengan baik di Desa Krucil, namun masih memerlukan peningkatan-peningkatan lagi,” katanya.

Menurut Hasan Sukarwi, untuk kegiatan pembangunan keluarga masih sangat kurang. Hal ini bisa dilihat dari belum adanya kelompok-kelompok tribina, baik BKB, BKL dan BKR. Kelompok Pusat Informasi Konseling remaja dan usaha peningkatan pendapatan keluarga sejahtera (UPPKS) pun belum terbentuk.

“Sementara jumlah keluarga yang mempunyai balita cukup banyak yaitu 157 keluarga. Jumlah keluarga yang mempunyai remaja sebanyak 369 dan keluarga yang mempunyai lansia sebanyak 120 keluarga,” jelasnya.

Sementara Wakil Bupati Probolinggo Drs. HA. Timbul Prihanjoko mengatakan bahwa program pemerintah apapun namanya termasuk program KKBPK tanpa didukung oleh masyarakat tidak akan membuahkan hasil yang maksimal. Komitmen dan dukungan masyarakat merupakan energi baru untuk meningkatkan pelayanan kepada masyarakat.

“Saya menyambut baik dicanangkannya inovasi baru Kampung KB. Ini pertanda bahwa program KKBPK tidak hanya menjadi tanggung jawab pemerintah, tetapi masyarakat yang diharapkan menjadi pelopor dalam pelaksanaan program KKBPK sehingga semua lapisan masyarakat bisa memiliki akses untuk memperoleh pelayanan di bidang KB,” ujarnya.

Lebih lanjut Wabup Timbul mengharapkan pencanangan Kampung KB ini bisa memberikan dampak yang nyata dalam memberikan pelayanan KB secara lebih luas. “Saya berharap agar petugas KB untuk meningkatkan koordinasi dengan seluruh lapisan masyarakat agar tercipta kesamaan langkah dan pandangan dalam menggaungkan kembali program KKBPK kepada masyarakat,” harapnya.

Sedangkan Kepala Perwakilan BKKBN Provinsi Jawa Timur Dwi Listyawardani mengungkapkan bahwa selama ini Pemkab Probolinggo sudah konsisten dalam menjalankan program KB dan tidak tergantung kepada Pemerintah Provinsi Jawa Timur. Tidak hanya MOP dan MOW saja, tetapi diharapkan dikembangkan kepada kegiatan pendukung tribina dan UPPKS.

“Pelayanan kepada remaja harus ditingkatkan karena sudah memprihatinkan. Memang nikah itu tidak bisa ditunda, tetapi setidaknya hamilnya ditunda sampai umur 21 tahun. Setelah lahir, hak-hak anak harus diberikan dengan baik untuk mencetak generasi yang berkualitas yang bisa bersaing dengan yang lain karena tantangan saat ini adalah ekonomi dan iman,” katanya.

Dalam kesempatan tersebut diserahkan perangko Kampung KB dari BKKBN kepada Wabup Timbul dan Kepala BPPKB Kabupaten Probolinggo Endang Astuti. Diserahkan pula hadiah kepada 3 orang camat yang berhasil memberikan pelayanan KB terbaik. Juara 1 Camat Gading, juara 2 Camat Maron dan juara 3 Camat Krejengan. (wan/ast)
Share this post :

Post a Comment

 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template | BromoTelecenter
Copyright © 2011. Bromo FM 92,3 MHz - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger