Headlines News :
Home » » TRC BPBD Dilatih Water Rescue dan Vertical Rescue

TRC BPBD Dilatih Water Rescue dan Vertical Rescue

Penulis : Wawan Bromo FM
Kamis, 21/04/2016


GENDING – Sedikitnya 15 personil Tim Reaksi Cepat (TRC) Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Probolinggo mendapatkan bimbingan teknis (bimtek) water rescue dan vertical rescue di obyek wisata Pantai Bentar Desa Curahsawo Kecamatan Gending, Kamis (21/4/2016).

Dalam bimtek ini, para TRC ini mendapatkan materi pelatihan dari 5 (lima) petugas dari Badan SAR Nasional (Basarnas) Surabaya. Sebelum materi water rescue dan vertical rescue diberikan, personil TRC ini diberikan pengenalan pengoperasian perahu karet dan motor tempel.

Kepala Pelaksana BPBD Kabupaten Probolinggo Dwijoko Nurjayadi melalui Kasi Kesiapsiagaan Maski mengatakan bimtek ini bertujuan untuk meningkatkan kapasitas Sumber Daya Manusia (SDM) TRC dalam melakukan penanggulangan bencana. “Untuk saat ini kita fokus kepada water rescue dan vertical rescue,” katanya.

Menurut Maski, potensi terjadinya musibah di laut dan sungai masih cukup tinggi. Terbukti pada tahun 2016 telah terjadi dua korban kecelakaan di air mulai Air Terjun Madakaripura di Kecamatan Lumbang hingga Arum Jeram di aliran Sungai Pekalen Kecamatan Tiris. Tahun 2015 juga sempat terjadi 2 nelayan yang tenggelam di pesisir pantai Kecamatan Gending.

“Personil TRC saat ini sudah cukup. Hanya saja ada usulan supaya ada penambahan personil TRC wanita. Hal ini dilakukan sebagai antisipasi jika terjadi sebuah bencana dengan korban wanita,” jelasnya.

Maski menambahkan hingga saat ini BPBD Kabupaten Probolinggo sudah memiliki 6 unit perahu karet, 2 unit perahu polyetilen dan 1 unit perahu lipat. Serta 5 unit motor tempel. “Peralatan ini sangat dibutuhkan dalam membantu tugas TRC dalam melakukan penanggulangan bencana di Kabupaten Probolinggo,” tegasnya.

Lebih lanjut Maski menerangkan bahwa tugas TRC adalah menganalisa berbagai situasi di daerah bencana, memperoleh informasi untuk ditindaklanjuti oleh tim operasi yang terkait dalam penanggulangan bencana. TRC juga melakukan kajian cepat terhadap dampak bencana saat tanggap darurat, memperlancar koordinasi dengan seluruh sektor terkait dalam penanggulangan bencana.

“Dengan bimtek ini kami mengharapkan para personil TRC mendapatkan pemahaman dan pengetahuan mengenai ilmu-ilmu dasar dalam manajemen bencana sebagai bentuk pencegahan, mitigasi, kesiapsiagaan dan tanggap darurat,” harapnya. (wan/ast)
Share this post :

Post a Comment

 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template | BromoTelecenter
Copyright © 2011. Bromo FM 92,3 MHz - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger