Headlines News :
Home » » Programkan Embrio Transfer Sapi Potong

Programkan Embrio Transfer Sapi Potong

Penulis : Wawan Bromo FM
Kamis, 07/04/2016


KRAKSAAN – Saat ini Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan (DPKH) Kabupaten Probolinggo berupaya meluncurkan program embrio transfer pada sapi potong. Program ini merupakan generasi kedua bioteknologi reproduksi setelah Inseminasi Buatan (IB).

“Teknologi ini memiliki kelebihan dibandingkan ilmu reproduksi lainnya. Embrio transfer merupakan suatu proses, mulai dari pemilihan sapi-sapi donor, sinkronisasi berahi, superovulasi, inseminasi, koleksi embrio, penanganan dan evakuasi embrio, transfer embrio ke resipien sampai pada pemeriksaan kebuntingan dan kelahiran,” kata Kepala UPTD Inseminasi Buatan (IB) DPKH Kabupaten Probolinggo Mahmud.

Menurut Mahmud, embrio transfer ini dilakukan dengan memindahkan kandungan ke sapi lain. Jadi pembesarannya dipindah ke sapi lain. “Program ini merupakan terobosan dari Balai Embrio Transfer Cipelang Bogor. Saat ini kami sudah memesan 24 embrio. Program ini adalah proses reproduksi paling tinggi,” jelasnya.

Lebih lanjut Mahmud menerangkan, embrio transfer memiliki manfaat ganda. Selain dapat diperoleh keturunan sifat dari kedua tetuanya juga dapat memperpendek interval generasi sehingga perbaikan mutu genetik ternak lebih cepat diperoleh.

“Tetapi proses implementasi dari program ini sangat sulit. Pasalnya tidak semua sapi betina bisa menerima transfer embrio. Jika sapi menganggap embrio ini sebagai benda asing, maka akan langsung digugurkan,” pungkasnya. (wan/ast)
Share this post :

Post a Comment

 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template | BromoTelecenter
Copyright © 2011. Bromo FM 92,3 MHz - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger