Headlines News :
Home » » Pers Ikut Bertanggungjawab Terhadap Masa Depan Anak

Pers Ikut Bertanggungjawab Terhadap Masa Depan Anak

Penulis : Dimaz Bromo FM
Selasa, 26/04/2016


PROBOLINGGO - Deklarasi Pers Ramah Anak yang digagas oleh Bagian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) Setda Kabupaten Probolinggo berlangsung di Gedung Joyolelono Kabupaten Probolinggo, Selasa (26/4/2016). Kegiatan ini dilakukan dalam peringatan Hari Pers Nasional (HPN) tahun 2016.

Ketua PWI Jatim Akhmad Munir sebagai narasumber menyatakan, deklarasi Pers Ramah Anak ini dilakukan sebagai sikap perlawanan jurnalis terhadap aksi kekerasan terhadap anak. Pers ikut andil dalam tumbuh kembang anak. Kasus-kasus kekerasan terhadap anak harus sedapat mungkin direduksi melalui pemberitaan.

“Pers harus menjadi pelopor perlindungan anak. Masa depan dan perkembangan anak jauh lebih penting ketimbang kebutuhan pembaca. Untuk itu pers harus cerdas,” katanya.

Lebih lanjut Munir meminta jangan sampai anak yang tersangkut persoalan hukum, seperti asusila makin diekspolitasi hingga timbul kesan anak telah menjadi korban untuk kesekian kali. “Paling tidak, pasal 5 Kode Etik Jurnalistik benar-benar dijalankan,” sambungnya.

Sementara Sirikit Syah narasumber dan pemerhati media mencatat, hanya Pers di Indonesia yang kerap kali kebablas dalam menayangkan berita, foto atau video tentang kasus-kasus menyangkut anak. “Kita memang berada di tengah gempuran pers riberal. Tapi pengalaman saya, justru pers di luar negeri begitu selektif dalam mengangkat berita-berita tentang anak,” katanya.

Sejatinya lanjut Sirikit, antara UU Pers, Kode Etik Jurnalistik dan UU Perlindungan Anak, saling melengkapi. “Tidak semestinya pers menyajikan tayangan yang dapat menimbulkan praktik kekerasan terhadap anak. Masa depan anak jauh lebih penting. Ada data atau fakta yang tidak harus diunggah seluruhnya bila menyangkut kasus anak,” jelasnya.

Kegiatan ini sendiri diikuti oleh ratusan jurnaslis cetak maupun elektronik. Dibuka oleh Asisten Ekonomi dan Pembangunan Pemkab Probolinggo Asy'ari, kegiatan ini dihadiri oleh Kabag Kominfo Yulius Christian dan Unit PPA Polres Kota/Kabupaten Probolinggo. (maz/ast)
Share this post :

Post a Comment

 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template | BromoTelecenter
Copyright © 2011. Bromo FM 92,3 MHz - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger