Headlines News :
Home » » Pasca Erupsi, Warga Tengger Bersih-Bersih Bromo

Pasca Erupsi, Warga Tengger Bersih-Bersih Bromo

Penulis : Wawan Bromo FM
Jum'at, 08/04/2016


SUKAPURA - Pasca erupsi Gunung Bromo, Kementerian Pariwisata Republik Indonesia melalui Deputi Bidang Pengembangan Destinasi dan Industri Pariwisata mengajak  warga Tengger melakukan bersih-bersih Gunung Bromo. Acara ini dipusatkan di lereng Gunung Bromo di Kecamatan Sukapura Kabupaten Probolinggo, Jumat (8/4/2016).

Selain warga Tengger, anggota TNI, Polri, BPBD, PHRI, BMKG dan komunitas jeep, para kepala desa, fotografer serta pemangku adat Tengger juga diajak untuk bersih-bersih kawasan Gunung Bromo. Hal itu dilakukan pasca diturunkannya status dari Siaga menjadi Waspada.

Pantuan di lapangan, bersih-bersih ini dilakukan pada kawasan lautan pasir di Kecamatan Sukapura. Dengan membawa sapu lidi dan tong plastik besar, sekitar 400 orang itu kemudian menyusuri berbagai sudut di lautan pasir untuk dipungut sampahnya dan dikumpulkan.

Deputi Bidang Pengembangan Destinasi dan Industri Pariwisata, Widayanti Bandia menyebutkan, potensi wisata di Indonesia tetap masih tinggi karena menjadi tujuan wisatawan mancanegara.

“Untuk itu perlu ditingkatkan kebersihannya, apalagi di Gunung Bromo ini yang yang menjadi lokasi jujukan wisatawan lokal dan mancanegara,” kata Widayanti Bandia.

Sementara Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) Kabupaten Probolinggo Anung Widiarto menyebutkan, keelokan Gunung Bromo di Desa Ngadisari, Kecamatan Sukapura ini memang tidak bisa diduakan. Sebab ketika erupsi, Gunung Bromo masih tetap terlihat indah.

“Dengan keindahan itu, maka perlu ditingkatkan kebersihannya. Apalagi, Gunung Bromo ini aman, sejuk, bersih dan indah. Jadi bisa dinikmati oleh wisatawan lokal dan mancanegara,” ungkap Anung.

Sedangkan Ketua Pemangku Adat Suku Tengger Supoyo menjelaskan ketika terjadi erupsi, banyak pelaku usaha kebingungan. Itu lantaran, pengunjung khawatir dengan keselamatan. “Padahal, saat Gunung Bromo erupsi, itu masih aman. Bromo sangat indah ketika erupsi,” paparnya. (wan/ast)
Share this post :

Post a Comment

 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template | BromoTelecenter
Copyright © 2011. Bromo FM 92,3 MHz - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger