Headlines News :
Home » » Miliki Duta Matematika dan IPA

Miliki Duta Matematika dan IPA

Penulis : Wawan Bromo FM
Minggu, 17/04/2016


PAITON – Kabupaten Probolinggo memiliki Duta Matematika dan IPA. Para Duta Matematika dan IPA ini merupakan hasil seleksi dari Olimpiade Sains Nasional (OSN) tahun 2016 yang digelar Dinas Pendidikan (Dispendik) Kabupaten Probolinggo.

Duta Matematika juara 1 Salma Firdausi N. dari SD Al Irsyad, juara 2 Diana Krityana dari SDN Ketompen, juara 3 Dian Qurrota A dari SD Al Irsyad, juara 4 Kireina Paramitha dari SDN Wangkal 2 dan juara 5 Faridul Nur Andini dari SDN Bago.

Sementara Duta IPA, juara 1 Safira  Ardelia dari SDN Klaseman, juara 2 Afiyah dari SDN Tongas Wetan 1, juara 3 Siti Riska Azzuhro dari SDN Banjarsari 3, juara 4 Riyan Putra Pratama dari SDN Besuk Agung dan juara 5 Alfian Destarina dari SDN Sukodadi 2.

“Duta Matematika dan IPA ini merupakan peringkat 5 terbaik dalam OSN tingkat Kabupaten Probolinggo. Khusus peringkat pertama akan dikirim ke tingkat Jawa Timur,” kata Kepala Dispendik Kabupaten Probolinggo Tutug Edi Utomo melalui Kasi SD Roy Iskandar.

Menurut Roy, seleksi OSN ini dimulai di tingkat kecamatan. Kemudian tiap kecamatan mengirimkan 2 anak terbaiknya masing-masing untuk bidang mata pelajaran (mapel) Matematika dan IPA. Jadi total setiap kecamatan mengirimkan 4 anak terbaiknya.

“Untuk tingkat Kabupaten Probolinggo ada 96 anak, masing-masing 48 anak bidang Matematika dan 48 anak bidang IPA. Kemudian diseleksi tingkat 20 anak bidang IPA dan 20 anak bidang Matematika. Dari sinilah masing-masing diambil 5 besar,” jelasnya.

Duta Matematika dan IPA ini selanjutnya mendapatkan bimbingan belajar untuk penentuan yang dikirim ke provinsi. Mereka dipandu pengawas, kepala sekolah dan guru di bidang masing-masing dengan harapan bisa melihat grafik capaian anak OSN.

“Duta ini diharapkan menjadi inspirasi bagi teman-temannya. Untuk yang dikirim ke tingkat Provinsi Jawa Timur adalah Salma Firdausi dari SD Al Irsyad untuk bidang Matematika dan Safira Ardelia dari SDN Klaseman untuk bidang IPA,” terangnya.

OSN ini bertujuan menyediakan suatu wahana kompetisi dalam bidang Matematika dan IPA bagi siswa SD/MI sebagai bagian dari upaya komprehensif dalam penumbuhkembangan budaya belajar, kreativitas dan motivasi siswa.

“Diharapkan OSN ini dapat memotivasi peserta didik untuk senantiasa memacu prestasi di bidang Matematika dan IPA dalam menghadapi Ujian Sekolah tahun depan. Jadi kepala sekolah, guru dan komite harus bertanggung jawab untuk mewujudkan ekosistem pendidikan yang selalu berkompetisi,” pungkasnya. (wan/ast)
Share this post :

Post a Comment

 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template | BromoTelecenter
Copyright © 2011. Bromo FM 92,3 MHz - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger