Headlines News :
Home » » Lahan Berkurang, Luas Tanam Bertambah 4 Ribu Herktar

Lahan Berkurang, Luas Tanam Bertambah 4 Ribu Herktar

Penulis : Dimaz Bromo FM
Rabu, 20/04/2016


KRAKSAAN - Luas tanam pertanian di Kabupaten Probolinggo bertambah 4 (empat) ribu hektar pada tahun 2015. Meski demikian, luas lahan berkurang oleh pengembangan perumahan dan bangunan lain.

“Luas lahan pertanian memang berkurang, tapi luas tanamnya bertambah oleh pembangunan infrastruktur pertanian,” kata Kepala Dinas Pertanian Kabupaten Probolinggo Mahbub Zunaidi.

Infrastruktur pertanian itu meliputi pembangunan jaringan irigasi dan sumur bor di dataran tinggi. Dengan langkah seperti itu, lahan yang biasanya ditanami sekali dalam setahun, bisa dua kali tanam atau lebih. Yang dua kali tanam, jadi tiga kali.

Selain itu, petani di lahan kering yang biasanya hanya menanam jagung atau tebu, beralih ke padi pasca pembangunan infrastruktur pertanian. “Ini seperti yang terjadi di Kecamatan Sumberasih, sisi utara rel kereta,” terangnya.

Mahbub menambahkan, selama 2015 pihaknya membangun 140 jaringan irigasi dan sumur pompa se-Kabupaten Probolinggo.

Mengenai berkurangnya lahan pertanian, Pemkab Probolinggo telah menyusun Perda Perlindungan Lahan Pertanian Pangan Berkelanjutan. Saat ini, perda tersebut dalam proses evaluasi Gubernur Jawa Timur.

“Untuk lahan di luar pengembangan Kota Kraksaan sebagai ibu kota Kabupaten Probolinggo akan diperketat izin peralihannya,” pungkasnya. (maz/ast)
Share this post :

Post a Comment

 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template | BromoTelecenter
Copyright © 2011. Bromo FM 92,3 MHz - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger