Headlines News :
Home » » Kontes Ternak Peringati Harjakapro

Kontes Ternak Peringati Harjakapro

Penulis : Wawan Bromo FM
Minggu, 17/04/2016


DRINGU – Untuk menyemarakkan Hari Jadi Kabupaten Probolinggo (Harjakapro) ke-270 tahun 2016, Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan (DPKH) Kabupaten Probolinggo akan menggelar kontes ternak 2016 di Lapangan Desa Kedungdalem Kecamatan Dringu, Selasa-Rabu (19-20/4/2016) mendatang.

Even yang dikemas dalam Gebyar Peternakan tahun 2016 ini akan diikuti 286 ekor ternak terdiri dari 192 ekor sapi serta 96 ekor kambing/domba. Kontes ternak sapi akan dibagi dalam delapan kategoti. Yakni, sapi calon induk lokal dan persilangan, sapi induk lokal dan persilangan, sapi calon kereman, sapi kereman, sapi kereman esktrem serta pedet lokal. Sedangkan untuk kambing/domba dibagi empat kategori meliputi, kambing/domba induk serta kambing/domba jantan.

Kepala DPKH Kabupaten Probolinggo Endang Sri Wahyuni mengatakan, kontes ternak ini bertujuan untuk mengetahui perkembangan atau kemajuan program peternakan yang dicapai selama satu tahun terakhir. Juga sebagai arena kompetisi dan promosi hasil produksi peternakan khususnya sapi potong dan kambing/domba.

“Selain itu meningkatkan motivasi masyarakat peternak untuk menerapkan Inseminasi Buatan dan manajemen berternak yang lebih baik, meningkatkan pendapatan peternak sesuai prestasinya serta mendukung program pemerintah swasembada daging sapi,” katanya.

Kontes ternak yang memperebutkan total hadiah Rp 102 juta ini juga dilengkapi pelayanan gratis (pengobatan, vaksinasi operasi kebiri untuk hewan kesayangan serta konsultasi kesehatan ternak) dan hiburan berupa pameran produk peternakan serta live musik.

Pada saat penutupan, Rabu (20/4/2016), kontes ternak ini rencananya dihadiri Bupati Probolinggo Hj P. Tantriana Sari SE. Dalam kesempatan tersebut akan dilepas 1.500 ekor burung merpati dan balon kertas sekaligus penyerahan hadiah kepada para pemenang.

“Kontes ternak ini diharapkan bisa menjadi ajang promosi hasil produksi peternakan dan media pertemuan antara peternak, pengusaha, pedagang ternak dan praktisi peternakan untuk menambah wawasan dan informasi sehingga memacu motivasi dalam mengembangkan dunia peternakan khususnya di Kabupaten Probolinggo,” harapnya. (wan/ast)
Share this post :

Post a Comment

 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template | BromoTelecenter
Copyright © 2011. Bromo FM 92,3 MHz - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger