Headlines News :
Home » » Kenalkan Usaha Mandiri Aneka Logam

Kenalkan Usaha Mandiri Aneka Logam

Penulis : Wawan Bromo FM
Selasa, 19/04/2016


PAJARAKAN - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Probolinggo melalui Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) terus berupaya untuk memberikan bekal pengetahuan dan ketrampilan dalam rangka menambah penghasilan masyarakat melalui usaha mandiri.

Selasa (19/4/2016), Disperindag mengenalkan usaha mandiri berupa pelatihan aneka logam di aula KPRI Sejahtera Kecamatan Pajarakan. Kegiatan ini diikuti oleh 30 orang peserta dari Kecamatan Pajarakan, Kraksaan, Maron dan Besuk.

Pelatihan yang dibuka oleh Kepala Disperindag Kabupaten Probolinggo M. Sidik Widjanarko ini menghadirkan narasumber Kepala Bidang Perindustrian Dinas Koperasi, Perindustrian dan Perdagangan (Diskoperindag) Kota Pasuruan Zainul Akhwan.

Dalam sambutannya Sidik Widjanarko mengatakan pelatihan aneka logam ini diberikan dengan tujuan untuk memberikan pengetahuan kepada masyarakat, khususnya yang berkeinginan untuk menambah penghasilan melalui usaha mandiri dengan mengenalkan kerajinan aneka logam.

“Kerajinan ini sangat bermanfaat dan dibutuhkan oleh masyarakat saat ini, baik berupa aksesoris meubel, mobil dan souvenir untuk wisata. Apalagi Kabupaten Probolinggo mempunyai potensi pasar yang menjanjikan,” ujarnya.

Menurut Sidik, keberadaan potensi wisata Gunung Bromo dan Arum Jeram yang memiliki tingkat kunjungan wisata sangat tinggi tentunya membutuhkan aksesoris atau souvenir. Terlebih dengan populasi motor dan mobil yang cukup tinggi otomatis butuh aksesoris.

“Bahan baku untuk pembuatan aneka logam ini sangat mudah didapat di Kabupaten Probolinggo dengan memanfaatkan daur ulang alumunium. Bahan ini cukup mudah didapat dan mudah diproses untuk aksesoris. Dimana bahan tinggal dipanaskan hingga meleleh dan langsung dicetak. Tidak butuh waktu lama, cetakan sudah bisa dimanfaatkan,” jelasnya.

Melalui pelatihan ini Sidik mengharapkan agar nantinya masyarakat memiliki ketrampilan dan kemampuan memproduksi barang-barang dari logam yang dibutuhkan oleh masyarakat sehingga bisa memiliki usaha yang mandiri. “Jangan takut gagal, yang penting sudah dimulai. Nantinya tinggal penyempurnaan produk yang dihasilkan,” pungkasnya. (wan/ast)
Share this post :

Post a Comment

 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template | BromoTelecenter
Copyright © 2011. Bromo FM 92,3 MHz - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger