Headlines News :
Home » » Kanarda Bina Pengelolaan Arsip 330 Desa/Kelurahan

Kanarda Bina Pengelolaan Arsip 330 Desa/Kelurahan

Penulis : Wawan Bromo FM
Selasa, 05/04/2016


TEGALSIWALAN - Kantor Arsip Daerah (Kanarda) Kabupaten Probolinggo terus berupaya agar pengelolaan arsip di tingkat desa terus meningkat. Demi mewujudkan hal tersebut, Kanarda memberikan pembinaan pengelolaan arsip di 330 desa/kelurahan se-Kabupaten Probolinggo.

Pembinaan pengelolaan kearsipan lewat program Arsip Masuk Desa (AMD) ini diberikan kepada seluruh Sekretaris Desa (Sekdes) dan Sekretaris Kelurahan (Seklur) se-Kabupaten Probolinggo mulai 3 Pebruari hingga 13 April mendatang.

Selasa (5/4/2016), pembinaan pengelolaan arsip tingkat desa ini ini dipusatkan di Balai Desa Tegalsiwalan Kecamatan Tegalsiwalan. Kegiatan ini diikuti oleh 12 orang Sekdes se-Kecamatan Tegalsiwalan. Dalam kegiatan tersebut, mereka mendapatkan materi dari Arsiparis Kanarda tentang tata kelola kearsipan, Jadwal Retensi Arsip (JRA) serta kendali surat masuk dan keluar.

Kepala Kanarda Kabupaten Probolinggo Dwi Hartono mengatakan pembinaan arsip tingkat desa ini bertujuan untuk meningkatkan SDM aparatur desa tentang pengelolaan dan tata kearsipan di tingkat desa. “Serta profesionalisme dalam meningkatkan pelayanan kepada masyarakat desa,” katanya.

Menurut Dwi Hartono, selama ini terkesan di tingkat desa/kelurahan banyak yang salah persepsi terhadap pengelolaan kearsipan. Dimana Sekdes atau Seklur seakan kurang bertanggung jawab terhadap kearsipan karena semua administrasi dipegang oleh Kepala Desa (Kades). Dalam pembinaan ini ditekankan sesuai tupoksinya, Sekdes dan Seklur untuk menata arsip di desa.

“Dengan adanya pembinaan arsip tingkat desa ini, kami mengharapkan agar tata pengelolaan arsip di desa dan kelurahan bisa lebih tertib lagi dari tahun-tahun sebelumnya. Karena faktanya arsip sangat diminati oleh masyarakat, terutama dari segi pelayanan dan ketentraman di dalam birokrasi,” harapnya. (wan/ast)
Share this post :

Post a Comment

 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template | BromoTelecenter
Copyright © 2011. Bromo FM 92,3 MHz - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger