Headlines News :
Home » » Dukung Swasembada Pangan, Revitalisasi 18 KUD

Dukung Swasembada Pangan, Revitalisasi 18 KUD

Penulis : Wawan Bromo FM
Minggu, 10/04/2016


KRAKSAAN – Untuk mendukung program pemerintah yakni, swasembada pangan nasional, Dinas Koperasi dan UKM Kabupaten Probolinggo akan merevitalisasi KUD yang mempunyai penggiling padi.

“Untuk tingkat daerah, program pencapaian swasembada pangan ini dilaksanakan Dinas Pertanian bekerja sama dengan personel TNI dari Kodim 0820 Probolinggo. Biasanya padi yang diproduksi petani harus digiling terlebih dulu supaya menjadi pangan. Hingga saat ini, masih ada 18 KUD yang memiliki penggilingan padi yang bisa diajak untuk bekerja sama,” kata Kepala Dinas Koperasi dan UKM Kabupaten Probolinggo Santiyono.

Demi mewujudkan hal tersebut, Santiyono mengaku, akan berkoordinasi lebih dulu dengan KUD yang mempunyai penggilingan padi. Juga akan mengundang Dinas Pertanian, Kodim 0820 Probolinggo dan kelompok tani. Tujuannya untuk membahas pemanfaatan penggilingan padi milik KUD yang selama ini tidak beroperasi secara maksimal.

“Bagaimana nantinya bisa mensinergikan program swasembada pangan nasional di Kabupaten Probolinggo dengan melibatkan KUD. Mengingat 18 KUD masih memiliki aset penggilingan padi dan lantai jemur,” jelasnya.

Menurut Santiyono, pemanfaatan penggilingan padi milik KUD ini merupakan salah satu upaya dalam rangka revitalisasi KUD. Harapannya dengan adanya sinergi ini salah satu usaha KUD bisa kembali berjalan dengan baik sebagai cita-cita awal didirikannya KUD.

“Usaha penggilingan padi KUD ini tidak jalan karena perhitungannya mereka kesulitan di sisi keuangan. Harapan kami dari pihak perbankan bisa kut serta sehingga program pencapaian swasembada pangan nasional ini bisa berhasil secara tim melalui keterlibatan KUD,” pungkasnya. (wan/ast)
Share this post :

Post a Comment

 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template | BromoTelecenter
Copyright © 2011. Bromo FM 92,3 MHz - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger