Headlines News :
Home » » Cakupan Desa/Kelurahan Siaga Aktif 92,7%

Cakupan Desa/Kelurahan Siaga Aktif 92,7%

Penulis : Wawan Bromo FM
Kamis, 14/04/2016


KRAKSAAN - Cakupan  desa/kelurahan siaga aktif tahun  2015 mencapai 92,7% dengan tahapan Pratama 86,40%, Madya 6,3% dan Purnama 0%. Sedangkan 7,3  % diantaranya masih belum aktif. Sementara target Propinsi Jawa Timur untuk tahapan Madya sebesar 8%.

Demikian pernyataan yang disampaikan Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Probolinggo dr Shodiq Tjahjono ketika memimpin rapat koordinasi (rakor) Tim Pokjanal Desa/Kelurahan Siaga, Rabu (13/4/2016).

Rakor tersebut diikuti oleh lintas sektor dan program sesuai dengan Keputusan Bupati Probolinggo Nomor: 444/875/426.12/2014 tentang Kelompok Kerja Operasional Desa/Kelurahan Siaga Aktif.

Menurut Shodiq, di Kabupaten Probolinggo berbagai kegiatan telah rutin dilakukan oleh Dinas Kesehatan (Dinkes). Antara lain orientasi kepala desa, pelatihan tenaga kesehatan (nakes) dan pembantu petugas (Bagas), monitoring dan evaluasi (monev) Terpadu lintas sektor dan program, lomba desa/kelurahan siaga aktif dan lomba bagas.

“Dengan jumlah kematian ibu 26 orang dan jumlah kematian bayi 242 orang, termasuk tinggi di tingkat Jawa Timur. Dalam rangka mencapai tujuan tersebut, maka perlu koordinasi dan komitmen dari lintas sektor terkait dan lintas program,” jelasnya.

Shodiq menambahkan, pengembangan desa/kelurahan siaga aktif merupakan urusan pemerintah yang pelaksanaannya merupakan tanggung jawab dari pimpinan sampai perangkat pemerintah desa/kelurahan.

“Tujuannya mempercepat terwujudnya masyarakat desa dan kelurahan yang peduli, tanggap dan mampu mengenali, mencegah serta mengatasi permasalahan kesehatan yang dihadapi secara mandiri, sehingga derajat kesehatan meningkat terutama dapat menurunkan AKI dan AKB,” terangnya.

Sementara Kepala Bidang Pengembangan dan Promosi Kesehatan Dinkes Kabupaten Probolinggo Hari Kaspiantoro mengatakan kegiatan ini bertujuan agar ada komitmen dan dukungan dalam pengembangan desa dan kelurahan siaga aktif. “Serta, mendukung dalam mensosialisasikan desa dan kelurahan siaga aktif ke jajarannya,” katanya. (wan/ast)
Share this post :

Post a Comment

 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template | BromoTelecenter
Copyright © 2011. Bromo FM 92,3 MHz - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger