Headlines News :
Home » » 76 Siswa SMA Lolos Seleksi Paskibraka 2016

76 Siswa SMA Lolos Seleksi Paskibraka 2016

Penulis : Wawan Bromo FM
Senin, 11/04/2016


KRAKSAAN - Sedikitnya 76 siswa SMA/SMK/MA negeri/swasta se Kabupaten Probolinggo lolos seleksi tahap akhir dan terpilih sebagai pasukan pengibar bendera pusaka (Paskibraka) Kabupaten Probolinggo yang akan bertugas dalam upacara peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) Kemerdekaan RI ke-71 pada tanggal 17 Agustus mendatang.

Seleksi tahap akhir ini digelar oleh Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Probolinggo melalui Kantor Pemuda dan Olahraga (Kanpora), Senin (11/4/2016) di Alun-alun Kota Kraksaan. Dalam seleksi ini, Kanpora juga melibatkan personil Polres Probolinggo, Kodim 0820 Probolinggo, Dinas Kesehatan serta Badan Kesatuan Bangsa, Politik dan Perlindungan Masyarakat (Bakesbangpol Linmas) Kabupaten Probolinggo.

Dari jumlah 76 siswa tersebut, 10 siswa terbaik dan memenuhi kriteria akan dikirimkan ke Gedung Islamic Center (GIC) Kota Surabaya untuk mengikuti seleksi Paskibraka Tingkat Provinsi Jawa Timur. Dimana dua siswa terbaik sesuai kriteria dari tim penilai akan bergabung dengan Paskibraka Jawa Timur, sementara 8 siswa lainnya yang tidak terpilih akan kembali menjadi bagian dari Paskibraka Kabupaten Probolinggo untuk melengkapi kuota 74 personil.

Kepala Kanpora Kabupaten Probolinggo Syafi’uddin melalui Kasi Pengembangan Kepemudaan Jadjid mengungkapkan bahwa tahap seleksi awal dilakukan dengan pemberitahuan seleksi kepada sekolah SLTA (SMA/SMK/MA) negeri dan swasta se Kabupaten Probolinggo yang kemudian ditindaklanjuti dengan pengajuan calon peserta seleksi dari masing-masing sekolah.

“Dari pemberitahuan ini akhirnya ada 570 siswa yang mendaftar. Setelah mengikuti tes meliputi pengukuran tinggi dan berat badan serta postur tubuh, akhirnya terpilih 158 siswa yang mengikuti seleksi tahap kedua berupa ketahanan fisik, PBB dan parade,” katanya.

Menurut Jadjid, peserta Paskibraka Kabupaten Probolinggo yang lolos ini nantinya akan memulai latihan pada akhir Juli mendatang selama 21 hari kerja dan diakhiri dengan gladi bersih pada H-2 upacara peringatan HUT Kemerdekaan RI ke-71 tahun 2016, tepatnya 15 Agustus 2016.

“Selama latihan, mereka akan dilatih oleh pelatih dari Kodim 0820, Polres Probolinggo, Bakesbangpol dan Linmas serta Kanpora. Nantinya pada saat H-1 mereka kita beri waktu untuk istirahat sehingga pada waktu pelaksanaan pengibaran bendera dapat bertugas dengan baik dan penuh tanggung jawab,” terangnya. (wan/ast)
Share this post :

Post a Comment

 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template | BromoTelecenter
Copyright © 2011. Bromo FM 92,3 MHz - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger